Jangan Abaikan 8 Hal Ini Saat Service Motor Agar Performa Motor Maksimal


Kegiatan servis motor merupakan hal rutin yang aku lakukan. Mengapa? pastinya karena aku pengguna sepeda motor sehari-hari sebagai kendaraan pergi kerja, antar anak sekolah, belanja, dan kegiatan bepergian lainnya, selain itu agar mesin awet tentu servis motor menjadi hal yang wajib dilakukan agar performa motor tetap maksimal.

Seringnya ketika servis motor kebanyakan pelanggan hanya terima bersih saja, belum lagi saat servis motor berlangsung biasanya malah sibuk main gawai, padahal memperhatikan proses motor sedang di servis bagian dari upaya agar tidak ada step terlewatkan, bisa saja mekanik khilaf karena lelah melayani motor pelanggan lalu melewatkan bagian yang harus di servis atau diperiksa.

Lalu pertanyaannya bagian apa saja yang perlu kita periksa? Nah, silahkan lanjut baca sampai selesai ya!

1. Ban

Hal pertama yang perlu pemilik motor periksa saat servis dapat mulai dari bagian luar motor seperti ban. Pemeriksaan ban sebaiknya dilakukan berkala. Mekanik biasanya fokus pemeriksaan pada tekanan udara di bagian dalam ban, lalu memeriksa kondisi ban menyeluruh khawatir ban sudah gundul atau tidak.

Suhu udara yang meningkat akhir-akhir ini cukup pengaruh pada keadaan ban motorku, beberapa kali ban motorku harus berakhir di bengkel huhu. Apakah kalian mengalami kejadian serupa?

2. Kampas Rem

Dua hari lalu rem kanan dari motorku loss, saat aku kabari hal itu pada istri betapa paniknya dia, dan posisiku sudah di bengkel. Urusan seperti ini tidak boleh ditunda perbaikannya mesti segera. Maka, komponen pada motor yang paling besar pengaruhnya bagi keselamatan seperti sistem pengereman juga harus diperiksa berkala.

Kalau kampas rem tampak menipis, ngerem berasa kurang pakem, jangan tunda untuk jadwal servis motor yaaa! segerakan! keselamatan adalah hal utama.

3. Oli Mesin

Sekarang kita melakukan pemeriksaan bagian dalam motor, kita mulai dari oli mesin. Oli motor matic berguna sebagai pelindung mesin, pendingin dan pelumas. Wah fungsinya cukup vital ya sehingga perlu disiplin mengganti oli, apalagi jika total jarak tempuh sudah mdi 2500km.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

4. Oli Gardan

Pengguna motor matic pasti sudah tidak asing lagi dengan oli gardan, karena memang sewajib itu untuk ganti oli gardan secara rutin. Fungsi oli gardan untuk melumasi gear atau komponen bergerak yang ada di CVT atau Continuously Variable Transmission. Teknis penggantiannya adalah 2x ganti oli mesin lalu 1x oli gardan.

5. Aki atau Accu

Aki merupakan komponen utama pada kendaraan bermotor karena kerjanya menyimpan daya dalam sistem kelistrikan. Pada tegangan ideal atau pada 12,3 - 12,6 volt dalam kondisi mesin mati, pada kondisi menyala tegangan aki ada pada 13,7-14,2 volt. Jika tegangan aki tidak sesuai ketentuan tersebut, maka mekanik mesti melakukan pemeriksaan lebih detil agar saat kita berkendara semakin nyaman.

6. Busi

Busi, sekilas bagian ini cukup kecil tapi fungsinya tak sekecil itu sebab berfungsi mengubah aliran listrik koil jadi percikan api dengan begitu mesin baru bisa menyala. Maka, pemeriksaan busi tetap harus dilakukan agar motor bisa menyala dengan baik.

7. Tune Up Motor Secara Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin semua komponen utama yang terkait performa motor secara menyeluruh seperti cek tekanan ban, membersihkan karburator, kondisi lampu, klakson, cek tegangan rantai dan rem.

Biasanya mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu untuk hal-hal yang perlu diganti, jadi kita tetap bisa menyesuaikan dengan bajet yang ada. Namun, jika rutin servis dan gak ada masalah mesin yang berarti, bajet tetap aman dan stabil daripada menunda servis dan akhirnya bajet yang harus keluar justru lebih banyak. Jadi, pilih rutin servis atau rajin menunda? 

Planet Ban, Bengkel Servis Motor Terbaik

Jika bingung mencari bengkel servis motor yang bagus, Planet Ban bisa diandalkan loh. Bengkel Planet Ban pelanggan akan mendapatkan pengalaman servis motor rasa mesin baru, kok bisa?

Servis motor rasa baru sebenarnya merupakan sistem servis terpadu yang bertujuan meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cepat dan biaya lebih hemat. Lalu fokus pemeriksaan dan perbaikannya gimana?

Fokus pemeriksaan dan perbaikan servis ini terletak pada bagian vital yang tersembunyi dan jarang dicek dan disetel rutin. Ibaratnya massage tubuh tapi fokus memijat urat atau pembuluh darah yang beku, jadi kalau aliran darah tubuh lancar, maka proses distribusi oksigen normal kembali tubuh pun akan bugar.

Keunggulan Melakukan Servis di Planet Ban

Ada beberapa keunggulan jika melakukan servis motor di Planet Ban:

  • Memakai oli dan cairan khusus dengan teknologi tinggi sehingga mampu tingkatkan performa motor dan melindungi mesin sehingga mesin jadi awet deh
  • Menggunakan sparepart asli karena mempengaruhi pada masa pemakaian yang lebih lama, kemudian baik untuk motor, lebih nyaman, mesin dingin dan tarikan enteng.
  • Ganti oli cukup 4-6 bulan sekali atau ketika motor mencapai jarak tempuh 5000km, dengan begitu gak perlu sering ke bengkel dan biaya servis jadi lebih hemat deh.
  • Kita turut memelihara dan menjaga lingkungan hidup sebab emisi dan polusi dari motor berkurang.
  • Manfaatnya ternyata kemana-mana ya, kalau memberikan yang terbaik untuk motor sendiri memang jangan setengah-setengah kudu total biar maksimal performanya.


Ini Dia Beda Servis Motor di Planet Ban Dibanding Tempat Lain

Bengkel Planet Ban akan melakukan servis motor secara menyeluruh termasuk membersihkan seluruh bagian mesin bahkan hingga kepala silinder, klep mesin, throttle body, blok CVT, piston. Semua akan dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran, kotoran dan debu sehingga tampak seperti mesin baru. Sedangkan servis di tempat lain belum tentu seniat itu mekaniknya.

Service motor di bengkel Planet Ban bikin motor serasa mesin baru, tarikan jauh lebih enteng, lebih hemat BBM, mesin bersih total dan senangnya lagi kita turut menyumbang emisi yang turunnya lebih dari 70% sehingga polusi bisa berkurang.

Pelayanan yang maksimal biasanya mahal ternyata tidak di Planet Ban. Service motor injeksi cuma Rp20.000,- , service CVT plus rantainya Rp19.500,- hingga service throttle body cuma Rp20.000.-.
Hemat sekaliii!

Jika sudah jadwal servis motor, langsung aja ke Planet Ban terdekat di kotamu ya dan dapatkan pengalaman servis motor mesin rasa baru. 

Semoga bermanfaat!

Post a Comment

6 Comments

  1. Bener banget nih artikel, aku selalu ingatkan suami buat rutin servis motor, biar biayanya gak bengkak jika ditunda tunda, btw Planet Ban ada juga ya di Medan, coba nanti aku rekomendasikan ke suami

    ReplyDelete
  2. Waah rekomendasi bagus ni untuk servis motor saya,dan harganya sangat terjangkau,terima kasih min informasinya

    ReplyDelete
  3. Wahhh……. Kok pas banget yaa, lagi cari-cari info mngenai cara merawat motor dan meu cari ban ,, ehh nemu artikel ini ,, Mantul banget sih ini , lengkap dan bermanfaat ,, btw planet ban ada juga di medan ya, nanti cuas ke sana deh

    ReplyDelete
  4. Artikel yang bermanfaat ,dari beberapa artikel cuman ini yang benar benar bagus apalagi service nya di planet ban sangat rekomen buat saya dan pengendara lainnya.

    ReplyDelete
  5. Bener nih, wajib jadi laksanakan

    ReplyDelete
  6. Pas sekali saya menemukan yang saya butuhkan untuk motor kesayangan saya

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Mohon berkomentar yang positif.