Ini Dia 5 Tips Penting Yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Mengadakan Tournamen Esport

 -Ini dia 5 tips penting yang perlu diperhatikan jika ingin mengadakan tournamen Esport-

Esport IndiHome1

Siapa sih yang gak suka main game, baik saat waktu luang maupun pas lagi badmood, even orang-orang akan memilih bermain game hanya untuk sekedar killing the time.

Menurut hasil Penelitian dari Radboud University yang diterbitkan pada Jurnal yang dikelola oleh American Psychological Association, menjelaskan bahwa Bermain Games memiliki beberapa manfaat, baik dari segi kognitif, motivasi, emosional hingga sosial.

Bagi saya, bermain games adalah sebuah aktivitas yang mampu mengurangi stress jika dimainkan sesuai dengan porsinya. Tidak berlebihan dan tidak ketergantungan.

Oya, kira-kira apa nih games favorit kalian ? kalau saya, so far paling sering main game Mobile Legend. Mengusung konsep Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), game ini mampu menguji kerja sama tim dan mengasah otak dalam menyusun strategi yang efektif untuk menang. Walaupun kadang sering juga di-troll sama temen yang  main gak serius.

Kerennya lagi, Mobile Legend ini menjadi salah satu games yang masuk dikejuaraan Esport Indonesia. Terbukti Indonesia turut ikut berpartisipasi dalam SEA Games dan Asian Games untuk cabang olahraga Esport. Tidak tanggung-tanggung, untuk tahun 2022 ini, PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) dipercaya oleh International Esports Federation (IESF) untuk menggelar IESF 14th Esports World Championship , kompetisi Esport bergengsi ini kabarnya akan diikuti oleh 127 Negara. It must be fun !

For your Information nih guys, menurut Sasha Alwani selaku Strategic Planning Director Vero yang telah melakukan research bersama Decision Lab mencatat  bahwa ada sebanyak 52 Juta Player Mobile Legend di Indonesia pada tahun 2021. Dengan Demografi komunitas eSports di Indonesia sebagian besar berada di Jakarta, Surabaya dan Medan. Jika dilihat dari aspek sebaran gender, eSport di Indonesia masih didominasi oleh pemain pria sebesar 53% dan pemain wanita sebesar 47%.

Tidak heran jika nanti Esport menjadi ajang yang begitu “Sexy” untuk diselenggarakan di Indonesia even  di Dunia.

Bicara soal Esport, saya pernah mempunyai pengalaman dalam menyelenggarakan event tournament Esport, walaupun masih skala kecil, tingkat internal kampus. Banyak sekali hal yang menjadi bahan evaluasi saat itu, karena event seperti ini bisa dibilang masih “brand new” untuk saya dan tim. 

Esport IndiHome2

Nah, pada postingan kali ini saya ingin berbagi pengalaman dan tips untuk kalian yang juga berencana mengadakan event tournament serupa. apa saja tips nya ? here we go !

Planning  - Rencana yang jelas

Untuk membuat sebuah event Esport, hal pertama yang wajib dilakukan adalah menyusun persiapan yang matang, mulai dari memilih jenis game online apa yang akan diselenggarakan, berapa banyak slot permain yang akan disediakan, Besaran registration fee dan Pool Prize yang sesuai untuk para pemenang hingga membuat proposal kerjasama agar tournament Esport dapat terlaksana dengan baik dan on budget.  

Planning yang jelas memudahkan kita dalam mengendalikan jalannya kegiatan yang dilaksanakan, bukan hanya tentang teknis pelaksanaan tournament saja, hal ini juga berkaitan dengan mempersiapkan dokumen-dokumen yang cukup penting seperti absensi pemain, id card, rundown acara hingga dokumen pendukung sebagai bagian dari birokrasi dalam menyusun laporan kegiatan. 

Mengapa ini penting bagi kita ? sebab event Esport tentu idealnya membutuhkan banyak kerjasama dari berbagai pihak, khususnya Sponsorship. Nah, biasanya laporan kegiatan event seperti ini (Portofolio) akan menjadi bahan pertimbangan bagi para calon Sponsor untuk mau bekerjasama pada event yang kita akan laksanakan. 

Timeline  - Susun Jadwal kegiatan dengan baik

Tips kedua yang bisa saya bagikan adalah seputar masalah timeline, sering kali yang menjadi kendala suatu event esport tidak dapat berlangsung dengan mulus adalah kurang nya perhatian dalam memanajemen waktu. Hal ini sangat penting pastinya, dengan mengatur waktu, kita tentu dapat menjadwalkan pos-pos kegiatan yang bisa dilakukan sesuai dengan estimasi waktu yang telah ditentukan. 

Misalnya, mengatur waktu untuk mengajukan proposal sponsorship, mengatur waktu kapan event esport akan dilaksanakan dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti hari libur nasional atau ujian sekolah dan universitas, sebab hal ini akan mengganggu bahkan mengurangi tingkat partisipasi peserta yang mendaftar di event esport itu sendiri.

Promotion – Manfaatkan Social Media

Ini juga tips yang gak kalah pentingnya, yaitu Promosi. Tournamen Esport gak akan berjalan jika tidak ada pemain yang mendaftar, karena core dari event ini adalah pertandingan antar pemain. Nah, untuk memberikan informasi secara menyeluruh serta menarik minat para gamers untuk mendaftar, perlu sekali adanya promosi yang massif. Misalnya dengan memanfaatkan semua social media yang ada agar slot pemain yang ditawarkan dapat terpenuhi. promosi ini juga mengacu pada target pasar dari event ini sendiri, apakah fokus ke kalangan remaja saja, para milenial atau siapapun.

Venue – Bijak dalam memilih tempat

Memilih tempat terselenggaranya pertanding Esport perlu juga untuk diperhatikan, mengingat kenyamanan para pemain adalah prioritas utama event tersebut. Bisa di mulai dengan menentukan jenis ruangan apa saja yang perlu disiapkan, berapa jumlah pemain yang akan bermain di satu ruangan, dimana letak screen bagi penonton yang ingin menyaksikan pertandingan secara langsung, ruang tunggu hingga ruang untuk para pemain registrasi ulang, dan jangan lupa persiapkan juga ruangan untuk para komentator  pertandingan (shoutcaster). Yang Perlu diperhatikan juga adalah pilih tempat yang mudah diakses atau mudah dijangkau oleh orang-orang .

Internet Connection –  Pilih yang terbaik

And last but definitely not least, adalah masalah koneksi Internet. Apapun games nya jika harus berhubungan dengan koneksi internet maka ini perlu menjadi perhatian penting. melihat Manfaat Internet sangat krusial, jelas menyediakan Internet Provide berkualitas harus jadi prioritas dalam menyelenggarakan event Esport Agar trouble terkait internet dapat diminimalisir. 

Sebagai penyelenggara tentu sah-sah saja jika pada peraturan semua pemain diminta untuk menyediakan sendiri koneksi internet saat bertanding, namun alangkah baiknya kita juga menyiapkan koneksi internet yang juga bisa mereka gunakan. Selain itu, untuk melakukan Live Streaming pertandingan juga tentu membutuhkan koneksi internet yang baik, untuk mengurangi resiko buffering saat pemutaran secara online.

By the way,  terkait koneksi internet, saya menyarankan untuk menggunakan akses internet IndiHome dari Telkom Indonesia.

Esport IndiHome3

Selain cepat, akses internet IndiHome lebih stabil dan tahan terhadap cuaca. Aktifitas seperti bekerja, belajar, belanja online hingga bermain games jadi lebih praktis dan nyaman. 

Nah, banyak pilihannya kan !! sebagai penyelenggaran event tournament online tentu bisa memanfaatkan kemudahan dan keefektifan koneksi internet ini untuk 30 perangkat loh!!.

Sebagai Internetnya Indonesia, IndiHome memberikan banyak penawaran menarik untuk para gamers, salah satunya adalah Paket Gamers. Apa saja benefit yang bisa didapatkan ? yuk simak penjelasan singkat berikut ini.

Exclusive Items
berpetualang menjadi menyenangkan sebab kalian dapat menggunakan item khusus yang tidak bisa didapatkan dari sumber lain.

High Speed Internet
Kecepatan internet yang tinggi dan unlimited siap menemani kalian memulai petualangan tanpa khawatir lag (lambat).

Free Play Game
kalian bisa bebas bertualang di games favorit kalian.

Free Gifts
Kalian akan mendapatkan berbagai macam hadiah menarik yang berbeda-beda untuk setiap game. seru kan ya.

Free Gamepad
kalian juga berkesempatan mendapatkan gamepad gratis untuk menambah keseruan permainan kalian loh.

Bebas Akses GameQoo
Nikmati akses ke 140+ game streaming canggih berlisensi dengan teknologi Cloud Gaming yang bisa kalian mainkan sepuasnya di mana saja.


Well, itu dia tips dari saya buat kalian yang berkeinginan menyelenggarakan event tournament Esport tapi masih bingung (what to do). Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa jadi bahan referensi ya guys

Esport IndiHome



Post a Comment

2 Comments

  1. Wuih keren kali Pak tipsnya, pas banget di kampus saya juga mau ngadain tournament e-sport, prepare makes perfect ya gak sih

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Mohon berkomentar yang positif.