Cloudmatika : Solusi aman bagi kamu yang khawatir kehilangan data

Cloudmatika : Solusi aman bagi kamu yang khawatir kehilangan data.


Pernah gak sih kehilangan data penting karena males nge-back up? Atau masih ngerasa fine- fine aja ketika data penting tersebut hanya disimpan dalam bentuk fisik(hardcopy) ? 

Wah ini pertanyaan yang kalau ditanya ke aku dulu, pasti aku jawab "pernah" dan "masih". Gak tau kenapa kalau ngebahas soal data, aku selalu yakin bahwa data itu mudah kok dijaga nya, gak perlu lah diback-up segala, cukup disusun dalam letter file lalu simpan di lemari,  selesai. Toh disimpan di dalam komputer juga aman, As simple as that!! 

Padahal, kebiasaan dan pemikiran seperti ini yang nantinya bakal nyusahin di kemudian hari. Dan terbukti, saat begitu banyak data berkas yang telah disusun dan disimpan di lemari selama bertahun-tahun lamanya, ketika dibutuhkan, aku harus rela mencari satu per satu di letter file, meski sudah dilabel dengan judul berkas namun tetap saja mencari satu data dari tumpukan data yang bertahun-tahun akan membutuhkan waktu yang lama, nasib baik jika data nya ada, bagaimana jika data nya terselip atau lupa dimasukan? Belum lagi komputer yang sudah bolak balik di install ulang sebab virus. Fix, data kamu not found 😅

gambaran kejadian di atas adalah hal yang pernah aku alami dan buat frustasi, sampai harus rela spend tenaga dan waktu ekstra untuk nge-solve problem ini. 

Back up data itu penting banget, gak ingin kan data-data penting hilang gitu aja. Apalagi kalau sudah menyangkut kebutuhan banyak orang atau perusahaan. Sebab kita tidak bisa menjamin data tetap aman secara fisik atau pun di dalam komputer. 

For your information nih guys, Meski memiliki kekayaan alam yang indah, Indonesia menjadi negara yang rawan akan bencana alam. Based on Indeks Risiko Bencana BNPB 2020 menyebutkan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia berisiko tinggi mengalami bencana alam. Risiko itu ternyata disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya: Dilalui oleh Sirkum Pasifik atau Cincin Api Pasifik, berisiko atau rawan terjadi gempa bumi, gunung berapi dan lainnya akibat aktivitas vulkanis. Wilayahnya dilewati sabuk Alpide,yang menyebabkan rawan gempa bumi, tsunami, tanah longsor, juga erupsi gunung berapi. Daerahnya berada di wilayah tropis (garis khatulistiwa), berisiko pada terjadinya badai, topan, dan juga siklon tropis, banjir, tanah longsor.

Well, sebagai negara yang rawan bencana alam, tentu kita juga wajib khawatir akan keamanan data yang kita miliki, gak bisa lagi dong percaya penuh dengan data yang kita simpan secara fisik di dalam lemari atau data yang disimpan dalam personal computer.

Nah, solusinya, kita bisa memanfaatkan Cloud Storage

Dilansir dari Tekno.sindonews.com, Cloud Storage adalah media penyimpanan data/file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data. Cloud storage memungkinkan data/file disimpan di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan atau yang biasa disebut hosting. Beberapa media cloud storage yang sangat populer saat ini adalah Google Drive, One Drive, iCloud, dan Dropbox. Beberapa diantaranya bersifat gratis dengan Batasan limit penyimpanan data tertentu.

Untuk kapasitas penyimpanan cloud yang lebih besar tentu akan membutuhkan biaya, bicara soal Cloud Storage berbayar, aku merekomendasikan Cloudmatika. Perusahaan yang berfokus pada penyedia layanan cloud & hosting terbaik.Teknologi yang kami gunakan merupakan hasil kerjasama dengan Tsukaeru Grup yang berasal dari Jepang, yang memiliki pengalaman selama 20 tahun di bidang Cloud Computing. Penyedia layanan penyimpanan cloud ini, menyediakan produk kategori “storage” yang harus kalian coba ketika ingin melakukan backup data dengan kapasitas yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu “Cloud Backup”.

Cloudmatika : Cloud Backup

Cloudmatika Cloud Backup didukung oleh Acronis Data Cloud yang memberikan solusi backup yang cepat, skalabel, dan dapat diandalkan untuk file, aplikasi, dan sistem yang lengkap. Selain data, Cloud Backup juga dapat digunakan untuk backup aplikasi, akun user dan setting, bersama dengan seluruh OS pada PC, Mac maupun server. Mau tahu apa saja keuntungan dari cloud backup, yuk simak penjelasan berikut :


Perlindungan Data Lengkap Berbasis Cloud

Kelola semua data dalam satu sentuhan,hal ini tentu secara signifikan mengurangi waktu, tenaga, dan biaya pemeliharaan, bayangkan saja jika terjadi bencana, komputer rusak dan data hilang, jelas kita harus mengeluarkan dana lebih untuk biaya recovery . Cloudmatika Cloud Backup ini akan membuat data kita terlindungi, dapat dengan cepat diakses dan mudah, serta harganya terjangkau loh!.

Solusi Cerdas

Tidak perlu pengetahuan teknis mendalam untuk menjaga perlindungan data kita pada Control panel di cloud backup. Dengan beberapa klik mouse, kita bisa menginstal software khusus untuk mengakses cloud backup milik kita dan cukup dengan satu klik untuk memulai pencadangan harian seluruh perangkat. Oya, Memulihkan data juga sangat mudah, mengunduh file atau folder individual, atau memulihkan seluruh sistem dari antarmuka online pada cloud backup juga sangat mudah. 

Produktivitas Meningkat

Cloud backup telah didesain dengan layanan yang memberikan fleksibilitas dalam mengkonfigurasi kebijakan perlindungan data berdasarkan kebutuhan kita. Mudahnya lagi Backup akan dilakukan secara otomatis, yang mana nantinya kita akan dikirimkan report harian sehingga kita tahu bahwa data terlindungi sepanjang waktu. 

Complete System Image Backup

Kebanyakan cloud backup hanya melindungi beberapa folder dan tipe file yang telah ditentukan sebelumnya. Belum lagi Jika kita tidak menyimpan data pada lokasi yang tepat, maka data kita tidak terlindungi.  Nah, System image backup akan menyimpan semua file pada sistem kita, tidak peduli dimana lokasi penyimpanan, tipe atau ukuran data. kita dapat menyimpan seluruh data termasuk sistem pada hardware yang sama  maupun yang berbeda, atau bahkan pada mesin virtual. Selain itu, Cloud backup juga akan melindungi  dan mencegah hilangnya produktivitas karena kegagalan hardware maupun serangan malware.

Next Generation Ransomware Protection 

Cloud backup juga memberikan Solusi proteksi ransomware “Active Protection” menggunakan Machine Learning untuk melawan ancaman ransomware yang tidak dapat dicegah dengan menggunakan software antivirus standar. Active Protection-nya akan mendeteksi, menghentikan dan me-recover data yang telah dienkripsi oleh ransomware. seperti Petya, WannaCry, Osiri dan lain-lain secara gratis. *hanya berlaku untuk Windows

Layanan Support Cloudmatika Dengan Pengalaman 20 Tahun

Keuntungan lainnya yang tidak kalah penting adalah tim engineer  dari cloudmatika telah berpengalaman, dimana mereka akan memonitor semua sistem selama 24 jam, 365 hari sepanjang tahun. Sistem monitoring nya pun sangat detail, akurat dan dapat merespon dengan cepat segala permasalahan, termasuk update berkala untuk memastikan kita dapat menggunakannya ketika dibutuhkan. Customer service cloudmatika juga dapat dihubungi melalui telepon, email atau chat untuk memberikan saran kapanpun juga.


Wahh luar biasa kan keuntungan menggunakan Cloud Backup di CLoudmatika, gimana ? tertarik dong pasti. Untuk melengkapi informasi seputar cloud backup, nih aku kasih paket harga yang ditawarkan oleh CLoudmatika untuk produk cloud backup nya.


Paket harga diatas merupakan paket harga untuk berlangganan selama satu bulan, agar lebih ekonomis kita bisa memilih untuk berlangganan tahunan, sebab biayanya akan lebih murah tentunya. Untuk info harga detailnya bisa kunjungi situsnya Cloudmatika Cloud Backup ya.

Well, bagaimana pun juga “prevent is better than cure” itu memang pilihan bijak, apalagi menyangkut hal penting  yang berhubungan dengan keperluan banyak orang, seperti data. Memang sudah seharusnya dijaga dengan baik dan tepat. 


Referensi :

https://www.cloudmatika.co.id/
https://www.cloudmatika.co.id/cloud-backup
https://indonesiabaik.id/infografis/indonesia-negeri-indah-rawan-bencana
https://tekno.sindonews.com/read/428764/207/apa-itu-cloud-storage-dan-mengapa-kita-harus-memakainya-di-2021-1621184750

Post a Comment

0 Comments