Skip to main content

Ruang Guru : Memberikan Layanan Belajar Terbaik untuk Anak

  “We are drowning in information but starved for knowledge” John Naisbitt

Pada kenyataan nya apa yang dikatakan oleh John Naisbitt adalah sebuah fakta. kita kaya akan Informasi yang bisa diperoleh dimana saja, melalui media cetak mapun media social. apalagi terkait ramalan beliau tentang perkembangan teknologi saat ini yang mengubah konsep ruang dan waktu. Semua bisa diperoleh dengan amat sangat mudah, namun kesibukan bahkan keterbatasan akan hal yang tak bisa dipungkiri membuat kita tak mampu memanfaatkan informasi tersebut, hal ini tentu disayangkan.


Dalam konteks pendidikan, terutama pada masa pandemi sekarang ini, dunia pendidikan mulai beralih ke pembelajaran daring, meski sejak dari beberapan tahun yang lalu sistem Blended Learning juga telah dilterapkan dibeberapan instansi-instansi pendidikan. Perubahan ini tentunya menjadi harapan baru bagi dunia pendidikan. Bahwa penyebaran ilmu pengetahuan bisa mengekspansi ruang dan waktu. Namun, yang menjadi dilema kita sebagai orang tua dalam menyambut pembelajaran daring ini adalah kekhawatiran akan proses transfer knowledge yang bisa berjalan dengan baik atau malah sebaliknya. 


Ini tentu menjadi focus kita melihat harapan kita bahwa pembelajaran daring ini memiliki pengaruh yang sama ke anak-anak seperti saat mereka belajar tatap muka. Belum lagi kapasitas serta Availabilitas kita yang kadang tak bisa mendukung penuh proses pendampingan belajar sang anak, juga jadi masalah tersendiri. Untuk itu penting sekali memilih media belajar online non-formal yang tepat untuk anak-anak kita.


Bicara soal Platform Belajar Online, saya mulai tertarik dengan Platform belajar yang satu ini, Ruang Guru.


Ruangguru1

Sedikit informasi, Ruangguru (PT RUANG RAYA INDONESIA) adalah perseroan terbatas yang bergerak di bidang pendidikan nonformal yang didirikan pada tahun 2014 oleh Bapak Belva Devara dan Iman Usman berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia, serta telah memperoleh Izin Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal dan Izin Operasional Lembaga Kursus Pelatihan dengan Nomor 3/A.5a/31.74.01/-1.851.332/2018.

Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru.

Ruangguru menjadi perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Dimana ruang guru telah memiliki lebih dari 22.000.000 pengguna,  serta telah mengelola lebih dari 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Selain itu, Ruangguru juga telah dipercaya untuk bermitra dengan 32 (dari 34) Pemerintah Provinsi dan 326 Pemerintah Kota dan Kabupaten di Indonesia.

Ruangguru2

Salah satu produk ruangguru yang bisa kita gunakan untuk mendukung proses belajar  anak adalah RuangBelajar.  Dimana sang anak dapat belajar mandiri dengan puluhan ribu video belajar dikemas dengan animasi yang menarik, serta rangkuman infografis  dan latihan soal yang mudah dipahami oleh anak. Oya,  Materi belajarnya juga  lengkap sesuai kurikulum.

Untuk dapat memantau perkembangan belajar sang anak, para orang tua dapat merequest hasil belajar anak dengan cara ketik “Rapor Anak” ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000, maka RuangGura akan memberikan  laporan belajar anak secara komprehensif.

Kenapa harus memilih RuangBelajar ? 
Berdasarkan infografis di atas bisa dilihat, bahwa 93 persen pengguna RuangBelajar merasa puas dengan fasilitas yang disediakan, 96 persen pengguna menilai RuangBelajar lebih menarik dibandingkan proses belajar mengajar di sekolah, 98 persen pengguna sangat terbantu dengan adanya ruang belajar dalam memahami konsep pelajaran, 96 persen pengguna berhasil meningkatkan nilainya setelah berlangganan ruangbelajar dan 98 persen pengguna juga merasa terbantu oleh RuangBelajar dalam hal persiapan ujian.

Ruanguru3


Salah satu visi utama Ruangguru adalah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Maka tidak heran jika Ruangguru berfokus dalam penyediaan layanan pendidikan dan konten belajar yang berkualitas, mempertegas ambisinya untuk terus meningkatkan kualitas di Indonesia. 

Sejak pertama kali berdiri pada April 2014, Ruangguru telah menjadi wadah bagi lebih dari 22,000 pengajar privat yang terdiri dari guru-guru berpengalaman, para mahasiswa berprestasi dari universitas ternama, serta para profesional dengan rekam jejak terpercaya yang senang mengajar. Jenis mata pelajaran yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari pelajaran sekolah, persiapan ujian yang terstandarisasi (TOEFL, IELTS, SAT), musik, olahraga, bahasa asing, dan masih banyak lagi tentunya. 

Para pengajar di Ruangguru.com juga sudah cukup well-known karena kualitasnya, terbukti sebanyak 95 persen pengajar yang bergabung dan mengajar di Ruangguru memperoleh rating sangat baik dari para murid. Tidak berlebihan jika Ruangguru merupakan Layanan belajar online terbaik saat ini.

nah, jika berminat untuk berlangganan di Ruangguru, cara nya cukup mudah kok, berikut step by step yang bisa dilakukan untuk berlangganan.

Ruangguru4

 
Well, di masa pandemi ini meskipun anak-anak belajar dari rumah, kita sebagai orang tua harus tetap memberikan yang terbaik untuk pendidikan mereka. sebab di tangan mereka lah kita serahkan tongkat estafet kemajuan bangsa ini untuk indonesia yang lebih baik.


Referensi :
https://www.ruangguru.com/
https://www.ruangguru.com/ruangbelajar

Comments

  1. Ruang guru emang terbaik,apalagi guru-gurunya mereka mengajarkan kita sampai kita paham dan mengerti👍👍

    ReplyDelete
  2. Kalau menurut saya, dengan adanya Ruangguru khususnya untuk siswa-siswi yang sibuk tersebut sangat membantu, karena Ruangguru sangat ramah akan waktu, tempat dan kondisi, jadi anak-anak mau belajar kapan pun, dimana pun dengan situasi dan kondisi apapun. Semangat buat bapa/ibu dalam mengajar para siswa/i, Let's together we can do it.

    ReplyDelete
  3. Ruang guru goodjob banget deh, solusi kita untuk belajar ketika Pandemi ini, karena ya kalau cuma mengharapkan pengajaran online (daring) dari sekolah itu ga bakal cukup dan tidak begitu gampang di mengerti, jadi solusi nya ikut program ruang guru, belajar online serasa belajar langsung di dalam kelas mantab deh pokoknya

    ReplyDelete
  4. Ruang guru the power of pendidikan. Sangat membantu banget untuk proses pembelajaran, hal yg sulit bisa menjadi mudah, meringankan tugastugas siswa/i , dan yang paling banyak di sukai yaitu cara penyampaian penjelasan materi nya gampang di mengerti dan cepat di tangkap. Terimakasih ruang guru

    ReplyDelete
  5. Dengan Adanya Program Ruang Guru, Ini sangat membantu untuk bagi pelajar siswa/i. Pengetahuan nya sangat Luas, Cara Pembelajaran nya Lebih Mudah, Dan Lebih Efektif. Pokoknya Cocok Banged deh kalau kita pakai Program Ruang Guru ini. Dijamin, Anak Bapak/ibu bisa Menjadi Smart People.
    Terima Kasih Ruang Guru 🥰☺️😁

    ReplyDelete
  6. Akses belajar jadi lebih mudah dengan ada platform kayak Ruangguru ini ya Pak, tapi Bapak tetap nomor satu penguasa ruang hati saya kok Pak haha

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Mohon berkomentar yang positif.

Popular posts from this blog

Algoritma Apriori : Contoh Sederhana Penerapan Algoritma Apriori pada Association Rule

teaching is only demonstrating that it is possible. learning is making it possible for yourself -Paulo Coelho- Kadang kala kita abai akan pentingnya proses 'belajar', yang kita harapkan hanya kesuksesan tanpa harus bersusah payah mewujudkan nya. bahkan di cerita dongeng sekalipun, happy ending tidak hadir begitu saja, selalu ada kisah pilu yang mengantarkan kita pada cerita indah di akhir. * ini lagi ngebahas apaan yak -_- by the way,  ini adalah kesempatan yang jarang saya dapatkan, di mana saya bisa tergerak kembali untuk menambah khazanah postingan di blog tercinta. pada postingan kali ini, saya akan fokus untuk membahas konsep 'Data Mining', spesifiknya yang saya akan coba share adalah penerapan algortima Apriori dalam lingkup aturan asosiasi (Association Rule Learning).  Association Rule Learning Bicara soal Association Rule ( Aturan Asosiasi), tidak lepas dari analisis asosiasi dimana konsep sebab-akibat (antecedant-consequent) menjadi poin penting dalam

K Means Clustering : Contoh Sederhana Penerapan Algoritma K-Means Clustering

A small group of determined and like-minded people can change the course of history-Mahatma Gandhi Tidak segala hal bisa kita lakukan seorang diri, senyaman apapun kita dengan kesendirian, saya yakin ada saat dimana kita berharap tidak ingin sendiri.  Kadang hidup berkelompok membuat kita paham bahwa banyak hal yang bisa dilakukan bersama tanpa harus takut dengan kegagalan. By the way, pada postingan kali ini, saya kembali akan berbagi ilmu yang tidak seberapa ini, dengan harapan dapat meng- enlightening khazanah keilmuan kalian seputar data mining. Mana tau nih ya, adik-adik mahasiswa lagi galau mikirin judul krispi eh skripsi maksud saya. Apa lagi yang fokus pada tema data mining. Kudu pada belajar ya kan *hehehehehe. Jika postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang Algoritma Apriori ( baca disini! ), maka pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang algoritma K-means Clustering. Here we go !! Cluster adalah kumpulan record yang mirip satu sama lain dan berbeda deng

Mewujudkan Harapan Baru bagi Kemajuan Daerah Terpencil Melalui Konektivitas untuk Pemerataan Pembangunan

“ Happiness lies in the joy of Achievement and the thrill of creative effort” –Franklin D. Roosevelt Bicara tentang Negara Indonesia, tentu kita akan disuguhi dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah di tengah masyarakatnya yang heterogen. Hidup berdampingan, bahu membahu membangun Indonesia agar menjadi lebih baik dan maju. Sejak tahun 1969, Pemerintah telah meletakan dasar-dasar pembangunan yang terencana dan komprehensif dengan berbagai upaya pembangunan di segala bidang untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional . Gejolak di berbagai bidang khususnya sosial, politik, dan ekonomi mengiringi perjalanan pembangunan bangsa Indonesia dari waktu ke waktu , Kesemuanya mampu bangsa ini lalui dengan baik. Tetapi, Gelombang yang menimpa Indonesia pada pertengahan tahun 1997 yang dikenal dengan istilah krisis moneter dan disusul dengan krisis ekonomi, krisis politik dan krisis kepercayaan, menjadi awal terpuruknya Indonesia. Hal tersebut membawa kerusakan di segi kehidupan y