Thursday, March 4, 2021

Mengenal Herpes Zoster Beserta Mitos dan Faktanya

 -  Mengenal Herpes Zoster Beserta Mitos dan Faktanya -

 

Jika membaca Herpes Zoster, aku teringat almarhum adik ipar yang pernah mengalami penyakit ini. Suatu hari Mama mertua menelepon istriku menanyakan apakah di sekitar rumah ada janda yang menikah dengan pemuda lajang, aku bingung sambil berpikir mengenai keberadaan janda di dekat rumah haha. 


Ternyata setelah dijelaskan, janda tersebut diharapkan bisa mengobati penyakit Herpes Zoster si adik. Seketika aku jadi penasaran dengan Herpes Zoster itu sampai bisa bawa-bawa janda.


Herpes Zoster atau herpes kulit / cacar api / cacar ular atau dibeberapa daerah di Indonesia disebut juga dompo, adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus Varicella Zoster, virus yang juga sebabkan cacar air. 


Nah, sebenarnya orang yang pernah kena cacar air dan sembuh, virusnya itu non aktif dan menetap serta bertahan dalam saraf selama tahunan. Virus yang tidur ini, suatu saat dapat aktif kembali jika daya tahan tubuh turun atau stress.


Berdasarkan hal tersebut, satu mitor terpecahkan ya, bahwa penyebab Herpes Zoster bukan karena higienitas ( kebersihan ), namun akan lebih baik lagi jika kita senantiasa bersih, yang bersih aja bisa kena konon lagi yang kotor, *dah kenapa aku jadi cerewet begini haha.


Gejala Herpes Zoster yang Penting Diketahui 


Pada kondisi almarhum adik ipar, Herpes Zoster muncul di sekitar bawah dada, persis seperti ular yang melingkar di kulitnya namun dalam bentuk bintil berisi air pada kulit dalam jumlah banyak.


Gejala utamanya memiliki ciri-ciri, bintil tumbuh pada salah satu sisi tubuh, bengkaknya jaringan sekitar bintil, bitnik berkembang jadi luka lepuh kayak terbakar ( makanya disebut cacar api juga ), luka lepuh pecah dan jadi luka kerak, dapat hilang perlahan. Bintil yang tumbuh di area mata dapat merusak penglihatan.


Lalu apa yang dirasakan penderita herpes kulit? 


Penderita akan merasa nyeri terbakar, kesemutan, kaku, akan makin parah jika disentuh. Tak hanya itu saja gejala lain yang mengikutinya dapat berupa demam, sakit kepala, lemas, dan silau cahaya.


Bagaimana Tata Laksana Agar Herpes Zoster Tidak Menyebar?


Herpes Zoster memang tidak menular, namun virus cacar airnya atau Varicella Zoster dapat menular, sehingga lakukan hal berikut,


-    Segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan cepat
-    Gunakan pakaian longgar atau yang berbahan katun, untuk cegah gesekan pada kulit
-    Tutup bintil agar tetap kering dan bersih
-    Mandi pakai sabun yang lembut, seperti sabun bayi
-    Hindari kontak langsung dengan ibu hamil yang belum pernah kena cacar air, meskipun begitu, mau udah kena atau gak, jangan deketin bumil!
-    Rajin cuci tangan pakai sabun


Herpes Zoster dan Janda, Mitos / Fakta ?


Ada satu kepercayaan di masyarakat kita bahwa Herpes Zoster atau Dompo dapat diobati secara non medis.


Syarat mengobatinya adalah janda yang menikah dengan lajang, nantinya janda ini akan menyembur asam jawa dan daging kelapa yang ia kunyah pada lokasi tubuh yang terkena dompo.


Sekilas seperti percaya gak percaya, dalam beberapa hari bintil pecah dan luka tampak mengering, bisa jadi nih efek khasiat ludah yang disemburkan, secara air liur bersifat antiseptik,  tapi sayangnya sampai saat ini masih banyak masyarakat kita yang mengimani khasiat air ludah janda. 


Alhamdulillah almarhum adik ipas saat itu sembuh dengan pengobatan medis, rutin aplikasikan salep dan minum obat sesuai petunjuk dokter. 


Kalau Anda, apakah percaya? 


Kalau saya tetap mengutamakan pemeriksaan medis, apalagi sekarang untuk tanya-tanya dengan dokter juga mudah bangetkan, salahsatunya via aplikasi Halodoc.


Halodoc, Aplikasi Yang Memudahkan Chat Dengan Dokter


Halodoc merupakan aplikasi dengan tagline Simple Healthcare yang lahir tahun 2016, dikembangkan Jonathan Sudharta.


Aplikasi Halodoc hadir memberikan solusi lengkap dan terpercaya dalam penuhi kebutuhan kesehatan penduduk Indonesia. 


Aku cukup terbantu dengan adanya aplikasi ini, terutama saat menghadapi laporan istri terkait kesehatan anak-anak, tapi keluhan kesehatan istri pun kadang aku curhatnya di Halodoc haha.


Di Halodoc, selain bisa chat dengan dokter-dokter ahli, user juga bisa order obat atau vitamin. Nah, bisalah segera diunduh aplikasi Halodoc di Google Playstore ya!


Semoga bermanfaat!

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Mohon berkomentar yang positif.
EmoticonEmoticon