Sunday, December 8, 2019

SehatQ : Platform Layanan Kesehatan dengan Fitur Unggulan yang Siap Jadi Personal Health Assistent Keluarga Anda

SehatQ 1


Mencegah Lebih Baik dari pada Mengobati


Saya setuju sekali, bila mencegah penyakit datang itu lebih baik dari pada nantinya kita harus bersusah payah mengobatinya. Hal ini saya rasakan, saat saya membiarkan keluhan kesehatan tanpa mencoba mencari tahu atau berkonsultasi pada dokter. Kesibukan aktifitas pekerjaan yang kadang membuat saya abai dengan kesehatan, membuat saya menyesal ketika hasil diagnosa penyakit saya keluar. Bayangkan saja, hanya karena ketidak pedulian akan kesehatan membuat saya harus istirahat total di rumah. Saya sungguh menyesal!.

Bicara soal kesehatan, tentu tidak satupun dari kita yang ingin sakit. Sebab kesehatan merupakan aset terpenting yang harus dijaga. Sesibuk dan sepadat apapun aktifitas, kesehatan haruslah jadi prioritas yang utama.

Ditengah kuatnya upaya dalam menjaga kesehatan, ternyata kesadaran masyarakat akan pentingnya hal tersebut masih rendah. Hal ini terlihat jelas pada data statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, yang menunjukan bahwa persentase keengganan Masyarakat untuk melakukan konsultasi kesehatan ataupun pergi ke fasilitas kesehatan masyarakat untuk berobat masih tinggi.

SehatQ 2

Dari tahun 2016, Persentase tersebut terus meningkat hingga tahun 2018, hingga mencapai 70,74%. Masyarakat lebih memilih untuk mengobati sendiri keluhan penyakitnya, ketimbang datang dan berkonsultasi dengan dokter di pusat layanan kesehatan masyarakat.

Ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan masyarakat untuk mengurungkan niat untuk melakukan pengobatan atau berkonsultasi seputar keluhan kesehatan, di antaranya :

Jauhnya jarak yang di tempuh.
Jauhnya jarak fasilitas kesehatan masyarakat dari tempat tinggal, kadang menjadi alasan masyarakat enggan mengobati penyakit nya ke Puskesmas atau Rumah Sakit. Khususnya masyarakat yang berada di Pedesaan. Akses sarana transportasi yang cukup sulit, membuat masyarakat kadang lebih memilih untuk mengobati sendiri penyakitnya tanpa berkonsultasi dengan tenaga medis seperti Dokter.

Antrian yang Panjang
Untuk berobat, biasanya baik Klinik maupun Rumah Sakit menetapkan kebijakan untuk mengantri bagi pasien yang ingin melakukan pengobatan, hal ini dilakukan untuk membuat pasien dapat tertib dan tenang saat menunggu. Namun, ternyata antrian juga menjadi salah satu penyebab masyarakat enggan untuk pergi ke dokter. Waktu yang dihabiskan untuk mengantri kadang membuat masyarakat berpikir ulang untuk pergi memeriksakan keluhan kesehatannya, di samping banyaknya aktifitas yang juga harus dilakukan, pun kondisi tubuh yang tidak memungkinkan untuk menunggu hingga giliran berkonsultasi tiba.

Dokter yang terpusat
Masyarakat pedesaan merasakan sekali terjadinya ketimpangan dalam hal pengadaan tenaga medis khususnya dokter spesialis di fasilitas kesehatan masyarakat seperti di Puskesmas. Banyak dokter-dokter yang lebih dipusatkan di Perkotaan dari pada di Pedesaan, hal ini juga yang menjadi alasan Puskesmas tidak ramai dikunjungi oleh Masyarakat karena akhirnya mereka lebih percaya pada pengobatan tradisional dan semacamnya.

Biaya yang mahal
Tentu biaya juga jadi masalah dalam hal meningkatnya presentasi keengganan masyarakat untuk pergi berobat ke rumah sakit ataupun klinik dokter spesialis. Belum lagi biaya untuk perawatan kesehatan bahkan medical check-up yang kadang dirasa cukup mahal, di tengah kebutuhan keluarga yang juga harus dicukupi.

Selain itu, Kementerian Kesehatan Indonesia tahun 2018, juga merilis adanya peningkatan jumlah persentase Masyarakat Indonesia yang terserang penyakit tidak menular seperti penyakit Strore, Hipertensi, Diabetes, Gangguan Ginjal dan Sebagainya.


Hal ini menjadi tantangan bagi Kementerian Kesehatan Indonesia dan kita sebagai rakyat Indonesia untuk menekan persentase penyakit Strore, Hipertensi, Diabetes, Gangguan Ginjal dan Sebagainya yang terus meningkat di Indonesia. Tentu hal ini juga merupakan imbas dari kurangnya upaya Masyarakat dalam mengatur dan mengelola kesehatan pribadi dan keluarga.

Platform Layanan Kesehatan 'SehatQ'


Seiring berjalannya waktu dan pesatnya perkembangan teknologi, dibutuhkan adanya Platform Layanan Kesehatan yang hadir untuk memudahkan masyarakat dalam mengelola kesehatan.

Oleh karena itu, SehatQ hadir untuk menjawab tantangan tersebut, mulai dari pencegahan, pengobatan ketika sakit, hingga perawatan setelah sembuh. Serta menyajikan informasi kesehatan dengan sumber yang jelas dan kredibel tentunya. 

SehatQ juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses informasi kesehatan, tidak hanya dalam bentuk website yang bisa dikunjungi secara online di SehatQ.com, tapi juga hadir dalam bentuk Aplikasi Mobile yang dapat diakses dengan mudah melalui Smartphone.

SehatQ

SehatQ merupakan Platform Layanan Kesehatan dari PT. SehatQ Harsana Emedika, yang beralamat di Jl. M.H. Thamrin No.51, Jakarta. Dengan Misi untuk membantu pengguna (Masyarakat) membuat keputusan seputar kesehatan. Berdasarkan hal tersebut, Tim Editorial SehatQ bekomitmen untuk menjaga Kualitas, Objektivitas dan Integritas informasi terkait Layanan Kesehatan.
  • Kualitas, Tulisan yang dimuat pada Platform Layanan Kesehatan SehatQ telah berdasarkan standar tertinggi dalam segi pengecekan fakta dari berbagai sumber resmi, peninjauan oleh tim dokter serta penyajian bahasa yang jelas dan dapat dimengerti oleh masyarakat. Ketiga hal tersebut telah dijadikan landasan oleh SehatQ untuk menjadi Media kesehatan terpercaya di Indonesia
  • Objektivitas, Informasi yang disajikan adalah dari sudut pandang medis, dan didasari riset serta data yang diperoleh dari beberapa sumber kredibel yang berbeda. Hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga objektivitas dan imparsialitas dari tulisan yang ada pada Platform Layanan Kesehatan SehatQ.
  • Integritas,Tim Editorial SehatQ berkomitmen untuk menjaga prinsip jurnalisme, dan menuliskan secara jelas dengan mengklasifikasi konten untuk membedakan mana konten berita, artikel dan sponsorship.

By The Way, SehatQ memiliki banyak fitur-fitur unggulan yang mampu menepis masalah kurangnya minat masyarakat untuk peduli dengan kesehatannya ketika terserang penyakit. Apa saja fiturnya ? Mari kita simak terlebih dahulu video berikut ini.



Eittssss, untuk menikmati semua fitur unggulan yang ada di Website ataupun di Aplikasi Mobile SehatQ, Sebaiknya kita mendaftar/registrasi dahulu untuk memperoleh akun agar bisa Login ke webiste/aplikasi SehatQ. Untuk memiliki akun, caranya cukup mudah kok, kita tinggal daftar/register ke website/aplikasinya atau bisa langsung login dengan berbagai pilihan yang memudahkan, seperti login via Akun Google atau Akun Facebook serta bisa juga via Email.

Setelah itu, Kita akan diarahkan pada halaman beranda. Lalu, kita bisa memeriksa apakah akun kita sudah berhasil login atau belum, dan ada baiknya kita juga melengkapi data diri untuk memudahkan sistem dalam mensinkronisasikan data kita dengan layanan SehatQ yang ada. Mudah kan ? Kalau masih ada yang kesulitan, saya akan bantu melalui video cara mudah registrasi atau login di SehatQ berikut ini.


Fitur Unggulan SehatQ


Berbagai macam alasan yang timbul di Masyarakat, yang semakin berdampak pada peningkatan persentase keluhan kesehatan di Indonesia. Jelas hal ini membuat SehatQ berusaha berinovasi untuk mampu menjadi Platform Layanan Kesehatan yang bermanfaat dan berguna bagi Masyarakat Indonesia, dengan Fitur-Fitur unggulan sebagai berikut.

Booking Dokter

Fitur ini sungguh membantu masyarakat dalam memesan atau membuat janji untuk berkonsultasi dengan dokter tanpa harus datang ke Fasilitas Kesehatan atau rumah sakit. Fitur ini juga tentunya akan memudahkan kita saat berkonsutasi, karena tidak harus antri untuk mengambil nomor antrian atau mungkin menunggu berjam-jam hanya untuk menunggu giliran saat berkonsultasi atau berobat.

SehatQ 3

Cara nya juga cukup mudah, kita tinggal masuk ke Aplikasi SehatQ, Lalu pastikan kita telah login terlebih dahulu sebelum melakukan proses Booking Dokter. Selanjutnya, Tinggal klik icon 'Dokter', Pilih dokter yang dijadikan tujuan untuk berkonsultasi seputar keluhan kesehatan, kemudian lihat jadwal dan jam praktik dokter tersebut, lalu booking. Jangn lupa isi data diri pasien dn terakhir ID Booking akan keluar di Sistem. Jika masih bingung, berikut video yang saya buat untuk memudahkan kita dalam melakukan proses booking dokter khususnya pada Aplikasi Mobile SehatQ.


Sampai sejauh ini, Jumlah Dokter yang terdata di Aplikasi maupun Web SehatQ sebanyak lebih dari 15294 Dokter.

Chat Dokter
Nah, ini dia salah satu Fitur Unggulan SehatQ favorit saya. Di fitur ini, kita bisa berkomunikasi langsung via chatting dengan dokter secara Gratis. Selain gratis, fitur ini juga menjanjikan kecepatan respon dari dokter yang tengah melakukan obrolan seputar kesehatan dengan kita sebab sifatnya fiturnya yang live chatting.

Dokter-Dokternya pun sangat komunikatif, Sangat ramah dalam berbagi informasi dan solusi seputar keluhan kesehatan yang sedang kita bahas diobrolan.

SehatQ 4

Untuk konsultasi via chatting ini, setiap obrolan dibatasi hanya sampai 30 menit saja. Dan saya rasa itu sudah lebih dari cukup untuk berbagi informasi tentang penyakit apa yang sedang kita derita dan solusi terbaik apa yang bisa kita ambil.Untuk bisa melakukan chat dengan dokter di Aplikasi SehatQ, sangat mudah sekali. Kita hanya tinggal masuk ke aplikasi, lalu klik 'chat dengan dokter gratis' di banner paling atas beranda aplikasi atau dari ikon 'chat dokter'. Lalu, masukan data diri kita kemudian pilih 'Mulai'. Setelah itu jendela obrolan dengan dokter akan aktif. Dan silahkan manfaatkan waktu untuk berkonsultasi dengan baik.


Mudah sekali,bukan ? So, tidak ada lagi alasan bagi kita untuk enggan berkonsultasi ke dokter hanya karena biaya konsultasi yang mahal, karena SehatQ telah memfasilitasi kita untuk melakukan hal tersebut dengan gratis.
Tips : fitur 'chat dokter' hanya tersedia pada hari senin s/d jumat, dari pukul 07.00 s/d 20.00.Jadi, jika ingin berkonsutasi via chat dokter, pastikan kita berkonsultasi padi hari dan jam sesuai dengan informasi di atas.

Rumah Sakit
Fitur selanjutnya, yang juga sangat membantu ialah Fitur Rumah Sakit. Fitur ini memudahkan kita untuk mencari informasi seputar fasilitas kesehatan setiap Rumah Sakit Terdekat. Jam operasional rumah sakit, Dokter Spesialis yang bertugas, Fasilitas Umum, Fasilitas Medis dan lain-lain. So, kita tidak harus pusing-pusing mencari cari informasi tentang rumah sakit di mesin pencari secara terpisah, sebab di SehatQ semua informasi rumah sakit sudah tersedia. Membantu sekali bukan!

SehatQ 5

Untuk mencoba Fitur ini, kita bisa masuk ke Aplikasi/Website SehatQ, lalu pilih 'Rumah Sakit', akan muncul banyak daftar rumah sakit yang berada di kota tempat kita stay. Pilih rumah sakit yang ingin kita lihat, maka nanti akan terbuka jendala informasi tentang rumah sakkt seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya. Berikut video cara melihat informasi rumah sakit di Aplikasi SehatQ



Hingga saat ini, tercatat sudah lebih dari 2452 Fasilitas Kesehatan yang bisa kita akses dari Aplikasi maupun Web SehatQ. 

Selain fitur unggulan tersebut, SehatQ juga memiliki fitur yang tidak kalah bermanfaat, Mari kita simak penjelasan berikut.

Forum Diskusi Kesehatan
Fitur yang satu ini cukup membantu mengakomodir keluhan kesehatan kita dengan berdiskusi bersama Dokter dan teman-teman lain yang juga memiliki keluhan kesehatan yang sama.


SehatQ 11

Berbagi informasi, keluh kesah dan berdiskusi bersama dengan dokter, tentu membuat kita semakin bersemangat untuk terus hidup sehat dan membuang jauh-jauh niat untuk tidak peduli dengan masalah kesehatan. Fitur ini juga dikhususkan bagi pengguna yang tidak bisa berkonsultasi via Live Chatting dengan Dokter dikarenakan kesibukan dan rutinitas pekerjaan.

Artikel
Ada juga fitur Artikel kesehatan yang bisa kita baca untuk menambah referensi keilmuan tentang dunia kesehatan, tips kesehatan dan lainnya. Mulai dari artikel tentang kulit, kecantikan, kehamilan, bayi, parenting, olahraga, hidup sehat dan sebagainya. Serta yang paling penting adalah artikel tersebut ditulis langsung Dokter yang ahli di bidangnya, sehingga tidak perlu diragukan lagi keabsahan informasi dari artikel-artikel yang ada.

SehatQ 8

Untuk melihat informasi tentang Artikel kesehatan ini, kita cukup masuk ke Aplikasi SehatQ kemudian pilih icon 'Artikel'. Nah, di sana nanti kita akan menemukan banyak artikel kesehatan yang bermanfaat.


Seperti yang terlihat di video tersebut, Artikel pada Aplikasi SehatQ dapat difilter berdasarkan kategori, untuk memudahkan pembaca mengakses Artikel yang sesuai dengan kategori kesehatan yang diinginkan. Lebih dari 2196 Direktori artikel yang bisa kita akses di PLatform Layanan Kesehatan ini.

Promo Kesehatan
Next, Fitur Unggulan selanjutnya yang tidak kalah menarik di SehatQ adalah fitur "Promo". Tentu, di Fitur ini kita akan dimanjakan dengan promo-promo pelayanan kesehatan. Mulai dari promo medical check-up, perawatan gigi hingga promo paket kehamilan dan vaksin. Dijamin ramah di kantong.

SehatQ 6

Untuk melihat promo lebih lengkap, kita dapat langsung mengaksesnya di Aplikasi SehatQ pada menu 'Promo', Aplikasi nantinya akan menampilkan berbagai macam jenis promo Kesehatan yang bisa kita nikmati. Selain itu, untuk memudahkan kita dalam memilih promo yang berada di kota kita, di fitur ini kita bisa memanfaatkan fungsi filter, sehingga promo-promo yamg ditampilkan akan sesuai dengan keinginan kita.

Informasi Obat
Fitur ini berisi semua informasi tentang obat-obatan yang biasa diresepkan oleh dokter, tidak hanya tentang kandungannya, pada fitur ini, juga dilengkapi informasi Penting lain nya seputar kegunaan obat, aturan pemakaian, dosis pemakaian, efek samping dan informasi lainnya.

SehatQ 7

Kurang puas jika tidak saya demokan bagaimana betapa bergunanya fitur Informasi Obat ini bagi Masyarakat sebagai pengguna Aplikasi SehatQ, berikut video nya.


Informasi Obat-obatan sengaja diindex secara alfabetis untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi obat lebih cepat dan sudah mendapatkan validasi oleh para Dokter SehatQ.

Informasi Penyakit
Sama dengan fitur Informasi Obat, pada fitur Penyakit, Informasi akan disajikan terindeks secara alfabetis. Yang di dalamnya, berisi informasi mengenai definisi penyakit, Gejala penyakit, penyebab penyakit tersebut dan Diagnosa.

SehatQ 10

Berikut cara melihat informasi penyakit yang mungkin bisa membantu pengguna Aplikasi SehatQ dalam mengakses fitur tersebut.


Informasi penyakit pada fitur ini juga telah dikategorikan, untuk memudahkan kita melihat dan membaca informasi tentang suatu penyakit. Fitur ini, membantu pengguna untuk mendapat gambaran seputar penyakit-penyakit. For your information, SehatQ memiliki lebih dari 1165 Ensiklopedia Penyakit dan Obat yang bisa kita akses di Aplikasi/Web nya.

Informasi Acara
Bagi pengguna SehatQ yang hobi sekali berpartisipasi dalam acara seputar kesehatan, tentu bisa memanfaatkan fitur yang satu ini. Pada fitur ini, kita dapat mengetahui acara kesehatan apa saja yang akan diselenggarakan baik seperti acara Senam, Seminar dan Penyuluhan seputar kesehatan bisa kita dapatkan informasinya.

SehatQ 9
Informasi ini membantu kita untuk dapat aktif mengikuti acara seputar kesehatan guna sebagai bentuk preventif  terhadap dampak dari gaya hidup yang tidak sehat. Agar tidak salah informasi, pada fitur ini juga dilengkapi fungsi 'Filter' yang bisa digunakan untuk menyaring informasi tentang tempat acara tersebut diselenggarakan. So, kalau kita tinggal di Medan, jangan sampai acara yang diselenggarakan di kota lain kita juga ingin ikuti, kecuali memang punya kelapangan waktu dan rezeki.

Bagaimana? Masih mau membiarkan keluhan penyakit tanpa ditindaklanjuti setelah semua kemudahan yang bermanfaat, diberikan oleh Layanan Kesehatan SehatQ. 

Jika perlu asisten kesehatan pribadi untuk keluarga, tentu SehatQ bisa jadi pilihan yang tepat.

Semua informasi tentang pencegahan,pengobatan hingga perawatan pasca sakit bisa kita akses langsung dengan mudah. Diharapkan hadirnya Platform Layanan Kesehatan SehatQ ini, mampu menekan jumlah persentase ketidakpedulian Masyarakat tentang bahaya pembiaran suatu penyakit tanpa bantuan medis di Indonesia. Dan tentunya juga dapat menurunkan jumlah persentase keluhan kesehatan Masyarakat baik di Kota maupun di Desa.

Untuk mengetahui informasi tentang SehatQ, teman-teman bisa follow atau mengunjung akun sosial media SehatQ di bawah ini.

Website : https://www.sehatq.com
Instagram : @sehatq_id
Twitter : @sehatQ
Facebook : sehatQindonesia

Referensi :
1. Dokumen Pribadi
2. Instagram SehatQ dan website sehatq.com
3. Badan Statistik Indonesia (Indikator Kesehatan 1995-2018)
4. Kementerian Kesehatan Indonesia ( Riset Kesehatan Dasar 2018)

30 komentar

Wah keren aplikasinya, kalau sakit tinggal konsultasi aja, trus tanya deh obat apa yg cocok hehehehe, gk ribet harus ke klinik.

Wah aplikasi nya sangat bermanfaat, tinggal download dan log in dengan mudah, jadi kalau terkena sakit tdk susah payah lagi ke rumah sakit yg jarak nya jauh, tinggal tanya dokter saja melalui aplikasi sehatQ...
Sangat ber manfaat langkah langkah dan tips dari blog ini ✅😍😍

Bagus nih, bisa hemat duit, soalnya anak kos duitnya pas-pas'an kalau harus bayar lagi klo berobat di kota orang wkwkwkwkw

Keren ya cuma dengan aplikasi segitu aja Kita udah Tau secara detail apa saja sakit yang Kita selama ini ga Tau serta Cara menyembuhkan,tq buat blog ini sangat membantu:)

Mantap aplikasinya 👍cuma modal handphone doang udh bisa berobat tanpa susah payah dan hemat biaya juga

Layanan terbaik auto hemat dan gak bikin ribet lagi. Tanpa harus mondar mandir ke rumah sakit, apl ini sangat membantu pastinya.

Selain meringankan biaya & juga hemat tenaga.
Nah tunggu apalagi
Silahkan download
Aplikasinya dan segera buat akun
Dan konsultasi ke dokter yang ahli dalam bidangnya yang akan dapat memberi solusi serta pencegahan penyakit yang tidak kita iginkan.

(Jauh-jauh penyakit di masa muda sampek jumpa di masa lansia) haha...

*Salam cinta sehat*

Okay deh guys semoga diri anda dan orang yang anda cintai sehat selalu
Eitsss jangan lupa juga selalu bersyukur pada TuhaN mu yang selalu memberi kemudahan di setiap apa yang anda alami saat ini.

Salam semuanya

By.omar ndruru

Ohohoiiiiiiiiiiiiiii
Aplikasinya K_E_R_E_N
Buanget nih
Silahkan di coba sodaraku
Semua blog ini memberi informasi yang sangat membantu
Mungkin inikah yang namanya pertolongan dari malaikat @alfasoleh
Terbaik
Semoga sukses terus ya dengan karir karirnya

This comment has been removed by a blog administrator.

Keknya si babang kobar
Ehhh salah omar alias otak mahir itu ikut promosi kali yah haha
Wkwkwkwkwkwkwkwk....
Terbaik......

Aimakkkk segitu banyaknya nama samaran gue ko buattt
Auto pening lahyah

Ihhhhhh
Okay up to you
I do not care

Hahahaha iyaa... Gak ribet, agak hemat jg kan ya.

Semakin mudah biar gak ada lagi yang males malesan berobat.

Harus pande pande hemat sbg anak perantauan hahahaha

Iya donk, buruan gih download biar gampang.

Itulah perkembangan jaman sekarang ya kan, lama lama dokternya pun jd diganti hahahha

Waduh.... Udah ada mario teguh nih di komen ane, mantap jiwa....

Busettt ane dikatain malaikat, haahahahha lebay ahh

Artikel ini sangat membantu pak,terima kasih :)

mantap ni pak artikel nya sangat membantu ,aplikasinya juga gak ribet 👍

Sekarang ada banyak bermunculan aplikasi-aplikasi smartphone yang menawarkan fitur untuk menunjang pola hidup sehat. Misalnya aplikasi untuk memantau hasil olah raga, menentukan menu makanan sehat, panduan obat-obatan bahkan aplikasi untuk mengidentifikasikan suatu penyakit, salahsatunya aplikasi ini ya pak Alfa, dengan mudah kita bias cari tahu obat apa yang tepat untuk di konsumsi sebelum membelinya ke Apoteker.
Sangat bermanfaat sekalai Informasinya.

Aplikasi keren pak, artikel sngat membantu

Bagus aplikasi nyaa bang.....
Mempermudah orang-orang atau masyarakat untuk konsultasi tentang penyakitnya yg ia derita

Orang yang benar-benar berpenghasilan bukanlah yang suka membanggakan dan mengumbar-umbarnya, melainkan yang gemar memberi dan membahagiakan

terima kasih , dengan artikel ini wawasan saya bertambah :)

Artikel yang sangat bermanfaat, bisa menyadarkan kita akan penting nya kesehatan, terima kasih pak , sangat membantu :)

Mantul pak apk nya,bisa membuat orang sadar bahwasan nya kesehatan lebih penting dri pada apapun, banyak orang sekarang lebih mementingkan mencari uang tapi lupa akan kesehatan nya, jadi pun uang yang dicari banyak banyak kalau kita gak sehat sama aja yakan pak? Habis buat berobat aja hehee...

Keren apknya pak dan sangat bermanfaat dan sangat membantu bagi yang membacanya membuat setiap yang membaca sadar pentingnya menjaga kesehatan.

Uluhh, uluhh snagat perjuangan, demi. Mencapai kebahagiana yang hakiki itu ya kan wkwkwkkw

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Mohon berkomentar yang positif.
EmoticonEmoticon