Tuesday, December 3, 2019

Mau Liburan Jadi Menyenangkan dan Ekonomis ? Ayo, Susun Rencana Liburan Bersama OYO


Sumber : Dokumen Pribadi

Manfaat  Liburan Bagi Kesehatan


Siapa sih yang tidak ingin pergi berlibur, di saat pekerjaan menumpuk, yang membuat mata selalu mengantuk. Dikejar deadline sampai ke dalam mimpi, hingga tidur pun jadi seperti tidak diminati. *Lebih parah dari pada dikejar kenangan mantan hihihihi

Sebagai pegawai yang bekerja di salah satu Universitas swasta di kota Medan, saya merasakan sekali penatnya bekerja fulltime. Mempersiapkan berkas dosen yang akan melaksanakan penelitian, memonitoring hasil penelitian, memastikan ketersediaan luaran publikasi. Belum lagi, saya harus mengajar mahasiswa kelas eksekutif yang kuliah di sore hari dan mempersiapkan bahan ajar. 

Saya benar-benar menghabiskan banyak waktu dari pagi hingga malam, untuk berada di kampus. Kadang rumah hanya menjadi tempat untuk sekedar merebahkan diri dari lelahnya aktivitas. Jangan tanya tentang liburan akhir pekan, sebab setiap Sabtu ada saja kegiatan non formal yang harus diikuti. Tapi setidaknya saya beruntung, saya masih punya hari Minggu untuk sejenak menyegarkan kembali pikiran. Meski kadang, saya gunakan untuk menemani ibu belanja di pasar. Walaupun demikian, Inilah tuntutan pekerjaan yang memang harus dijalani.

Kembali ke topik Liburan, jika bicara tentang penat, stress dan segala bentuk hiruk-pikuknya pekerjaan. Tentu tidak lepas dari bagaimana upaya saya dalam mengakomodir emosi-emosi negatif tersebut, Agar tidak mempengaruhi stabilitas kerja, sebab itu yang paling utama. *Biar dapat bonus, jadi bisa liburan deh tiap tahun hihihi

Emosi-emosi negatif pastilah secara tidak langsung, mempengaruhi kesehatan jasmani dan psikologi. Itulah mengapa mengambil cuti atau pergi berlibur menjadi salah satu solusi tepat dalam meredam emosi-emosi negatif tersebut. 

Penelitian dari Universitas Negeri New York di Oswego menemukan bahwa berlibur setiap tahun dapat mengurangi risiko kematian penuh sekitar 20%, dan risiko kematian akibat penyakit jantung sebanyak 30%. (clevelandheartlab.com).

Beberapa sumber yang saya baca, menuliskan bahwa setidaknya ada 6 manfaat dari melakukan perjalanan untuk berlibur, bagi para pekerja yang fulltime berada di kantor, yang saya coba sajikan dalam infografis berikut ini.

Sumber : Dokumen Pribadi

Bicara tentang liburan, di beberapa kesempatan, saya menyempatkan diri untuk melakukan liburan dadakan disela-sela perjalanan dinas ke luar kota. Memang harus cerdas dalam memanfaatkan waktu apalagi saat sedang tidak di kantor. *Jangan dicontoh ya

Pengalaman Liburan 'Dadakan' di Kabupaten Samosir


Pada tahun 2017 lalu, saya diminta oleh atasan saya menemani beberapa kolega universitas untuk meninjau lokasi yang akan dijadikan tempat penyelenggaraan Seminar Internasional. Dan kebetulan universitas saya menjadi host dalam Seminar Internasional tersebut. Beruntungnya, Danau Toba dijadikan salah satu alternatif tempat pelaksanaannya.

Seperti tidak ingin kehilangan kesempatan, saya mengajak Mereka untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Kabupaten Samosir.

1. Pesanggrahan Bung Karno



Sumber : Dokumen Pribadi

Tempat pertama kali yang mungkin kami kunjungi saat tiba di Parapat adalah Pesanggrahan Bung Karno. Sembari berolahraga menelusuri pinggiran Danau Toba, kami sempatkan untuk menyinggahi tempat di mana dulu presiden pertama Indonesia, yaitu Bapak Soekarno diasingkan. 

Udara segar menemani kunjungan kami ke Pesanggrahan tersebut, memang lebih baik jika mengunjungi tempat ini di pagi hari. Seperti yang bisa dilihat, ini kali pertama saya menjadi juru foto instan. *padahal pengen juga difotoin tapi segan sama orang tua T.T

2. Pasar Tomok


Sumber : Dokumen Pribadi

Setelah selesai mengunjungi Pesanggrahan Bung Karno, kami bergegas untuk sarapan pagi di penginapan lalu bersiap-siap untuk menyeberang ke Pulau Samosir. Berhubung saya membawa tamu penting, saya terpaksa harus menyewa speedboat untuk bisa sampai ke Samosir. Keterpaksaan yang menyenangkan menurut saya, karena jarang-jarang saya bisa naik speedboat apalagi ke Samosir. Setibanya di Samosir, kami langsung menelusuri pasar Tomok.  *seperti biasa, saya harus ikhlas menjadi juru foto kembali.

3. Makam Raja Sidabutar


Sumber : Dokumen Pribadi

Masih berada di seputaran kawasan Pasar Tomok, terdapat area Pemakaman Raja Sidabutar. untuk memperkenalkan dan menambah wawasan seputar kebudayan batak  , beliau berdua saya ajak untuk berkunjung ke Makam Raja Sidabutar. Tentu saya harus menyewa tour guide untuk memandu kami selama perjalanan di Pulau Samosir ini. *Menghemat energi dan oksigen. toh, saya juga tidak tahu apa-apa soal sejarah Pulau Samosir

4. Wisata Budaya Sigale-Gale


Sumber : Dokumen Pribadi

Jika kita berjalan agak jauh ke dalam dari pasar tomok tersebut, kita akan menemukan wisata budaya Sigale-Gale. Untuk melihat boneka Sigale-Gale menari, pengunjung diminta membayar biaya retribusi sekitar 70-100 ribu rupiah (jika ingin secara eksklusif ) per sekali pertunjukan menari. Namun, jika banyak pengunjung yang juga ingin melihat bersama-sama boneka Sigale-gale menari, biasanya hanya dimintai biaya retribusi sekitar 5-10 ribu rupiah per orang.

5. Museum Batak 


Sumber : Dokumen Pribadi

Museum Batak ini terletak juga tidak jauh dari Pasar Tomok dan Wisata Budaya Sigale-gale, jadi cukup berkeliling kompleks pasar tomok saja, kita sudah bisa menikmati beberapa wisata sejarah yang menarik. Di Museum Batak, kita akan disuguhi beragam koleksi benda-benda bersejarah etnis Batak, seperti pedang, peralatan makan, perabotan, patung, kain ulos dan alat-alat pertanian lainnya. Tentu, untuk mendapatkan informasi sejarahnya, kita wajib dipandu oleh guide

Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk masuk ke Museum Batak ini. Namun, jika ingin berfoto dengan baju khas adat Batak, kita harus mengeluarkan budget sekitar Rp. 20.000,- / baju dan di museum ini juga dijual beberapa jenis cendramata khas. 

6. TB Silalahi Center


Sumber : Dokumen Pribadi

Bicara soal museum yang satu ini, kita akan diajak untuk menapaki kilas balik sejarah  tentang jejak langkah TB Silalahi, yang mana museum ini diharapkan mampu memotivasi para generasi muda untuk tetap berjuang dan semangat dalam meraih mimpi. 

Museum ini didirikan oleh Letjen (Purn) Dr. Tiopan Bernhard Silalahi, dengan tujuan melestarikan kebudayaan Batak dan membentuk karakter Masyarakat Batak. Di dalam museum ini, kita akan melihat banyak koleksi pribadi dari bapak TB Silalahi, Cendramata dari belahan dunia yang pernah beliau kunjungi, kendaraan pribadi hingga koleksi senjata yang beliau pernah gunakan.

6. Taman Eden 100


Sumber : Dokumen Pribadi

Taman Eden 100 merupakan salah satu objek wisata yang juga dijadikan sebagai cagar alam yang tengah dilestarikan. Di taman ini kita akan dimanjakan oleh pemandangan indah kebun stroberri, jeruk dan lain-lain. Tidak hanya itu, di taman ini juga terdapat air terjun, Goa Kelelawar serta Camping Ground. *sudah paket komplit hehehehe

Tentunya sangat menyenangkan bisa berlibur di sela-sela menjalankan tugas dari kampus. Meski tidak bisa leluasa untuk lebih bereksplorasi dikarenakan kolega yang saya bawa sudah tidak muda lagi *memang harus banyak mengalah kali ini.

Belajar dari pengalaman tersebut, saya berencana mengulang kembali perjalanan liburan ke Kabupaten Samosir bersama sahabat yang juga rekan kerja di universitas yang sama. Namun, sebelum menyusun rencana liburan, saya mau berbagi tips untuk kalian yang juga memiliki niat yang sama dan tengah bingung apa yang perlu dipersiapkan sebelum menyusun rencana liburan, ayo mari simak tips saya berikut ini.

Tips Merencanakan Liburan Menyenangkan dan Ekonomis


Saya pernah diberi nasehat oleh senior di tempat saya bekerja, beliau berkata bahwa kesuksesan itu terjadi saat persiapan yang telah kamu siapkan dengan sungguh-sungguh dipertemukan dengan kesempatan yang sedang kamu tunggu. 

Dari beliau, saya sadar betapa pentingnya persiapan dalam mendukung terwujudnya apa yang ingin kita dapatkan. Begitu pula dengan merencanakan liburan yang menyenangkan dan ekonomis, tentulah butuh persiapan. seperti yang saya janjikan di atas, inilah tips yang saya ingin bagikan terkait perencanaan liburan.

Sumber : Dokumen Pribadi

Tentukan Tanggal Rencana Berlibur

Menentukan kapan (tanggal) untuk berlibur merupakan hal yang penting. Sebab jika ingin berlibur, kita harus menyisihkan waktu untuk itu, mengingat kita adalah pekerja yang kadang memiliki waktu cuti yang berbeda-beda sesuai kebijakan perusahaan. 

Tentu penting sekali, mengatur waktu dalam memanfaatkan saat-saat libur. Karena dari sinilah, kita dapat mengestimasikan segala kemungkinan yang terjadi saat merencanakan liburan. Mulai dari mengestimasikan pengeluaran, mengestimasikan kondisi dan situasi di tempat tujuan berlibur, serta mengestimasikan kemudahan akses transportasi saat berlibur.

Tentukan Budget Yang Dialokasikan

Merencanakan liburan, erat sekali hubungannya dengan mengatur keuangan. Setidaknya bagi kita yang memang sudah mengagendakan diri untuk berlibur, Sudah pasti ada alokasi dana berupa tabungan liburan yang telah kita sisihkan setiap kali gajian tiba. 

Nah, sebelum menentukan tempat tujuan liburan. Ada baiknya kita pastikan terlebih dahulu, bepara banyak budget yang kita akan gunakan untuk berlibur. Agar mudah menentukan kebutuhan yang memang harus dipenuhi berlibur tiba.

Tentukan Destinasi Liburan

Tips selanjutnya adalah menentukan tempat tujuan liburan. Ini bagian yang tidak kalah Penting dari merencanakan liburan. Memilih tempat berlibur yang sesuai dengan budget agaknya pilihan yang bijak, karena esensi dari berlibur adalah menjauhkan diri dari hal-hal yang membuat pikiran stress. Oya, Pastikan juga kita tidak melewatkan destinasi liburan untuk mencicipi wisata kuliner khas daerah tersebut. Intinya, Jangan sampai karena berlibur, stress semakin bertambah sebab banyak pengeluaran yang tidak terduga. 
Jika membawa keluarga, pastikan destinasi liburan yang akan dituju Children-Friendly, agar tidak kesulitan pada hari H saat berada di lokasi

Cari Informasi Tentang Penginapan

Menikmati liburan, bukan berarti kita harus 24 jam terus berjalan-jalan menelusuri tempat-tempat wisata. Kita juga butuh tempat untuk beristirahat, mengembalikan energi untuk melanjutkan berpetualang ke esokan hari nya. Jangan sampai karena kelelahan, liburan jadi berantakan. Oya, memilih tempat menginap juga harus jadi perhatian penting, mengingat budget juga harus digunakan dengan cerdas. 

Agar maksimal memilih penginapan, pastikan 3 hal berikut. Pertama, pastikan berapa budget yang telah kita alokasikan utk menyewa penginapan. Kedua, pastikan juga berapa lama kita akan menginap sesuai dengan destinasi wisata yang telah kita tentukan. Ketiga, carilah informasi tentang penginapan yang nyaman dan ekonomis.

Cari Informasi Tentang Transportasi

Sebagai traveller, tidak ada salahnya kita mengumpulkan informasi terlebih dahulu tentang tempat tujuan berlibur. Mulai dari, berapa banyak tujuan wisata yang akan dikunjungi hingga transportasi apa yang bisa digunakan untuk sampai ke setiap tujuan wisata tersebut. 
Bagi yang ingin berpergian ke luar kota, sejak jauh hari sudah bisa mencari-cari tiket promo. hehehehe
Jangan sampai, kita sudah mengatur tujuan wisata dengan matang tapi mengabaikan tentang bagaimana memperoleh kendaraan yang bisa digunakan. Alhasil, budget untuk transportasi jadi bertambah atau malah akhirnya merusak rencana yang sudah dibuat.

Rencana Liburan di Pulau Samosir bersama OYO


Menjelang akhir tahun, pasti banyak yang mulai berpikir untuk merencanakan liburan, saya pun demikian. setiap akhir tahun, seluruh akademisi dan pelayanan di universitas saya bekerja diliburkan selama 10 hari, ini bentuk toleransi kepada mahasiswa,dosen maupun staf pegawai yang beragama non-muslim. 

Tentu saja, ini jadi lampu hijau bagi saya untuk sesegera mungkin mengatur jadwal liburan. Idealnya buat saya, liburan itu tidak perlu lama-lama, 3 hari 2 malam itu sudah cukup untuk me-refresh-kan kembali mata dan pikiran. Mengingat jarak dan budget, Saya dan sahabat pun sepakat untuk berlibur ke Danau Toba di Kabupaten Samosir.


Sumber : Dokumen Pribadi

Pucuk dicinta ulam pun tiba, ditengah perencanaan liburan, eh OYO datang memberikan harapan. mencari penginapan yang nyaman dan ekonomis menjadi impian para penikmat liburan seperti saya. *Maklum saya bukan anak sultan

Bicara soal nyaman dan ekonomis, tidak ada salahnya kali ini saya mencoba booking penginapan/hotel via OYO Hotels Indonesia. Start-up yang bergerak di bidang bisnis jaringan hotel ini selalu memanjakan pelanggannya dengan diskon yang 'gila-gilaan'.

Selain itu, OYO juga menjadi salah satu Aplikasi booking hotel yang easy-to-use, jelas sekali memberikan kemudahan dalam memesan penginapan/hotel. 

Sumber : oyorooms.com

Cukup dengan CARI hotel/penginapan yang cocok dengan budget, kemudian PILIH hotel/penginapan sesuai dengan fasilitas yang diinginkan, lalu BAYAR deh. Selain mudah, OYO juga menawarkan banyak promo dan diskon yang ramah kantong. Cocok nih buat yang minim budget tapi semangat banget pengen liburan. *Kayak saya ini contohnya hihihihi

For your information, ternyata OYO tidak hanya melayani kemudahan pemesanan hotel/penginapan di Indonesia saja. OYO juga telah jauh mengekspansi dan mengepakan sayapnya di negara-negara yang tidak kalah indah sebagai negara dengan tujuan wisata/ liburan.

Sumber : oyorooms.com


Penting untuk kita ketahui bahwa OYO Hotels Indonesia hadir bukan sebagai Kompetitor dari Bisnis Online Travel Agencies di Indonesia yang sudah lebih dahulu hadir, Justru kehadiran OYO adalah sebagai mitra, yang membantu mendistribusikan informasi tentang ketersediaan penginapan-penginapan.

"Oyo membantu para pemilik unbranded hotel dengan teknologi yang kami miliki untuk meningkatkan standar pelayanannya setara dengan jaringan hotel sehingga pada akhirnya okupansi dapat meningkat. Komitmen kami sangat kuat untuk mengembangkan Indonesia dan ingin bertahan lama di sini" Ritesh Agarwal (Founder dan CEO OYO)


Hal ini tentu juga akan menjadi peluang untuk meningkatkan lapangan pekerjaan di Indonesia. Inilah yang menjadi pertimbangan hingga akhirnya OYO mampu memperluas kiprahnya di berbagai Negara sampai saat ini.

Sumber : fortuneindia.com


Nah, Kalau ditanya bagaimana OYO berkiprah di Indonesia, kita bisa lihat jaringan mitra OYO di berbagai belahan tanah air Indonesia, silahkan cek Mitra OYO Hotels di Indonesia ya.

By The Way,  dengan hadirnya SMS dari OYO tersebut, Saya semakin yakin bahwa Liburan tahun ini pasti akan terwujud. dengan diskon 70%, sudah dipastikan bakal menghemat budget untuk penginapan, Ekonomis dan ramah di kantong.

Seperti tidak ingin melepas kesempatan emas, saya langsung login ke Aplikasi OYO untuk memastikan Penginapan mana yang Nyaman dan Murah untuk disinggahi saat Liburan nanti, Khususnya Penginapan di Kabupaten Samosir.

Sumber : Dokumen Pribadi ( Aplikasi OYO Mobile)

Setelah mencari-cari, akhirnya saya menemukan salah satu penginapan yang sangat strategis di Kabupaten Samosir. Lokasi penginapan ini sangat dekat dengan lokasi wisata Budaya, Yaitu Penginapan OYO 1812 Dg Inn. Wajar sih harga penginapan sampai 700 ribuan/hari, terakhir kali saya ke Danau Toba saat akhir tahun, biaya penginapan untuk satu hari saja sekitar 1,6 Juta rupiah, tapi tenang saja kan ada Diskon 70% dari OYO, dijamin jadi penginapan paling murah deh se-Kabupaten Samosir. *susah bisa dapat penginapan tepat di pulau samosir jika di akhir tahun

Sumber : Dokumen Pribadi ( Aplikasi OYO Mobile)

Untuk pemesanan penginapan di OYO sangat amat mudah, tinggil CARI, PILIH, BAYAR deh. setelah memilih penginapan, OYO akan mengirimkan konfirmasi pemesanan via SMS dan juga via EMAIL.

Sumber : Dokumen Pribadi

Setelah itu, Segeralah melakukan pembayaran agar status pembayaran terkonfirmasi, dan pihak OYO akan melakukan reservasi ke Penginapan yang telah dibooking sebelum kehabisan. *soalnya akhir tahun, penginapan cepat sekali full-booked.

Sumber : Dokumen Pribadi ( Aplikasi OYO Mobile)

Pastikan, untuk tidak lupa memasukan kode diskon/promo, agar sistem memotong otomatis jumlah pembayaran yang harus dibayarkan. *ini nih yang paling penting ya kan.

Konfirmasi Pembayaran via SMS dari OYO, menambah keyakinan saya bahwa OYO Hotels Indonesia merupakan salah satu penyedia layanan booking hotel/penginapan yang kredibel. karena tidak hanya melakukan konfirmasi via email, tetapi juga via SMS.

Kadang-Kadang, saat waktu luang, saya juga memanfaatkan waktu untuk nyobain game seru dari Aplikasi OYO, ini salah satu keistimewaan dari OYO yang saya sukai. *karena bisa dapat IPHONE gratis, paling gak saldo OVO

Sumber : Dokumen Pribadi ( Aplikasi OYO Mobile)


Meminimalisir pengeluaran saat merencanakan liburan merupakan hal yang amat sangat penting, sebab menentukan pengeluaran untuk sesuatu yang dibutuhkan jauh lebih bijak. Sama halnya dengan memilih penginapan yang sesuai, idealnya penginapan tidak harus mahal. Cukup nyaman dan bersih itu sudah sangat cocok dengan kebutuhan saya, harga terjangkau tentu jadi nilai tambah.

Liburan kali ini, saya akan menjelajahi tempat-tempat wisata ter-kece di Kabupaten Samosir ini, sebagai bentuk balas dendam sih, karena beberapa tahun lalu saya terpaksa berlibur ke berbagai wisata budaya yang ada di Samosir. *Efek bawa profesor jadi gak mungkin diajak jalan kaki jauh-jauh

Destinasi wisata keren yang ramah untuk milenial di Kabupaten Samosir 


Kabupaten Samosir, selain dikenal dengan Danau Toba sebagai salah satu kaldera terbesar di dunia, menyimpan banyak pesona wisata yang indah dan menarik. Tentu hal ini yang menjadi pertimbangan banyak orang untuk mengunjungi Samosir. 

Jelas jika saya berkesempatan lagi untuk berlibur ke Samosir ini saya akan mengunjungi The Most Beautiful Tourism Places yang ada di sana. Semua destinasi tersebut, itu telah saya rencanakan di Itinerary liburan saya kali ini, sebab saya tidak ingin kehilangan moment penting yang menjadi esensial dari liburan itu sendiri. 

Apa dan dimana saja destinasi yang akan saya kunjungi setelah mendapatkan diskon 70% dari OYO *hehehehe masih takjub aja sama diskon OYO ini, jarang-jarang dapat promo gede begini.

Berikut saya share rencana destinasi wisata keren di Kabupaten Samosir.

Bukit Holbung


Samosir memiliki banyak desa, salah satunya desa Holbung, atau lebih dikenal dengan sebutan Huta Holbung. Objek wisata yang terkenal di desa ini adalah Bukit Holbung, menikmati pemandangan dari atas bukit. 

Tentu bagi para millenial, mendaki bukit merupakan hal yang menyenangkan. Untuk sampai ke Bukit Holbung ini, diperkirakan kita akan mendaki selama 10 sampai 15 menit, tapi tenang saja, bagi yang belum mempunyai pengalaman mendaki, ada jalan setapak yang bisa dilalui dengan santuy

Setelah berada di atas bukit ini, Kita akan disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa sebab memang Bukit Holbung ini memiliki potensi kekayaan alam yang sangat indah *Banyak yang bilang sih mirip bukitnya Teletubies.
Sumber : Samosir_indah (IG)

Pulau Tao


Masih berada di Kabupaten Samosir yaitu Pulau Tao, Pulau ini sudah terkenal sejak dahulu saat masih ada Kolonial Belanda. Dari samosir kita bisa menyeberang dengan menggunakan kapal ke Pulau Tao sekitar 10 menit. Pulau ini sangat kecil, jadi jika ingin mengelilinginya hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih, karena ukuran pulau ini tidak sampai 1 km. Pulau ini menawarkan keheningan dan kenyamanan, cocok sekali bagi wisatawan seperti saya yang ingin jauh dari hiruk pikuk keramaiaan. *cocok juga sebagai tempat pelarian, tapi bukan kawin lari yak

Sumber : Samosir_indah (IG)


Desa Tuk-Tuk Siadong


Desa Tuk-tuk Siadong merupakan desa wisata yang terkenal di Samosir, sayang saya belum pernah berkunjung kesana. Nah, pada kesempatan kali ini saya manjadikan desa wisata ke daftar destinasi wisata yang wajib saya kunjungi di Itinerary Liburan saya. Desa ini terletak di semenanjung antara Tomok dan Ambarita, Pemandangan yang menghijau begitu memanjakan mata berpadu dengan bangunan corak Batak yang khas. di desa ini juga menawarkan suasana pantai dengan udara yang tetap sejuk. *lebih cocok untuk yang lagi bulan madu sih sebenernya hehehe

Sumber : Samosir_indah (IG)


Aek Rangat Pangururan


Aek Rangat Pangururan merupakan salah satu destinasi wisata pemandian air panas, dalam bahasa batak kata 'Aek' berarti 'Air', sementara 'Rangat' itu artinya 'Panas'. Pemandian air panas ini terletak persis di bawah kaki gunung Pusuk Buhit. Berenang di pemandian air panas ditengah udara sejuk danau toba menjadi treatment relaksasi yang menenangkan dan menyegarkan tentunya. Konon mandi di air panas ini mampu mengatasi penyakit kulit karena kadar belerang yang tinggi, untuk suhu atau temperatur panas nya sendiri, di pemandian ini bisa berbeda-beda.

Sumber : Samosir_indah (IG)


Pulau Tulas


Pulau Tulas merupakan destinasi wisata alam yang cukup mencuri perhatian saya, pulau ini menjadi salah satu pulau yang terletak di tengah Danau Toba. Keindahan pulau ini begitu mempesona, pohon kelapa yang melambai-lambai serta semak belukar yang membalut pulau ini semakin menjadikannya primadona di antara destinasi wisata alam di Kabupaten Samosir. 

Oya, Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni, jadi jangan lama-lama berada di pulau ini ya,  kecuali kalian punya tenda dan makanan ringan untuk cemilan. Selain itu, Pulau Tulas dinobatkan sebagai salah satu pulau wisata geopark oleh UNESCO. *pulau ini sungguh memanggil jiwa petualang saya untuk segera kesana
 
Sumber : Samosir_indah (IG)

Air Terjun Efrata


Efrata adalah air terjun yang tingginya sekitar 25 meter dengan bentuk melebar. air terjun ini berbeda dibandingkan dengan air terjun lainnya yang ada di Sumatera Utara, air terjun ini tidak bertingkat dan air nya jatuh bebas dari atas bebatuan terjal dengan lebar bentangan sekitar 12 meter. Meski air nya terjun bebas dariketinggian 25 meter, tapi jangan sedih, jika ingin mandi di air terjun ini, pihak pengelola sudah menata bagian hilirnya sebagai lokasi pemandian. 

Ingin merasakan dinginnya air terjun dari pegunungan bukit barisan, saya juga memasukan destinasi wisata alam ini ke daftar destinasi yang wajib dikunjungi. *semoga saya tidak membeku dan membatu karena dingin nya air dan udara di sana

Sumber : Doyansilalahi (IG)
Membayangkan berpetualang mengunjungi destinasi wisata Kabupaten Samosir, membuat saya ingin cepat-cepat libur saja. 

The Last but not Least, untuk Holiday Wishes saya tahun ini, semoga terealisasi dengan baik, ya minimal bisa mengurangi penatnya menghadapi pekerjaan yang menumpuk, dengan menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan. 

Sekali lagi, liburan itu tidak harus mahal, yang penting menyenangkan dan jangan lupa harus ekonomis juga. Berliburlah, Sisihkan waktu untuk berlibur, karena kita tidak akan pernah bisa mengganti waktu yang telah berlalu dengan uang, maka gunakan waktu sebaik-baiknya untuk membahagiakan diri sendiri dan orang lain jika memungkinkan.


EmoticonEmoticon