Wednesday, December 18, 2019

Masih Ragu Untuk Punya Website Bisnis ? Mari Intip Apa Saja Manfaat Website Bagi Bisnis Anda

Rumahweb 3

Menurut William M Pride, dalam bukunya yang berjudul 'Foundations of Business'. Beliau menuliskan, bahwa Bisnis merupakan suatu kegiatan yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang serta jasa, guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bicara soal bisnis, tentu ini tidak lepas dari bagaimana usaha kita untuk mendapatkan penghasilan dari barang/jasa yang kita tawarkan.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, mau tidak mau juga berdampak pada aktivitas bisnis. yang biasanya para pembeli dan penjual saling bertemu dan saling melakukan transaksi jual-beli. Namun, di Era yang serba digitalisasi seperti saat ini, hal seperti itu sudah tidak perlu dilakukan. 

Pasalnya, para pelaku bisnis sudah mulai memanfaatkan teknologi dalam memudahkan pembeli melakukan transaksi, yaitu dengan Bisnis Online


Berdasarkan data yang dilansir dari Statista 2019, menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia pada tahun 2018 sebanyak 95,2 juta pengguna, Angka ini meningkat sebesar  13,3% dari tahun 2017 yang hanya sebanyak 84 juta pengguna. Sedangkan pada tahun 2019 jumlah pengguna internet di Indonesia diproyeksikan sebanyak 107,2 juta pengguna,  meningkat 12,6% dibandingkan tahun 2018.

Jelas ini jadi peluang besar bagi pelaku bisnis untuk lebih fokus berupaya dalam meningkat omset melalui Bisnis Online, Salah satunya dengan cara memiliki Website Bisnis. Namun, sepertinya para pelaku bisnis lebih tertarik bergabung dengan Marketplace yang sudah ada dibandingkan dengan mempunyai Website bisnis sendiri. Padahal jika para pelaku bisnis ingin  bisnis online nya tumbuh berkembang, maka mempunyai website bisnis merupakan pilihan yang bijak.

Enggannya para pelaku bisnis online untuk memiliki website bisnis sendiri juga beragam. Untuk pelaku bisnis pemula atau yang baru merintis bisnis misalnya, mereka lebih memilih mempromosikan bisnisnya dengan memanfaatkan jasa marketplace, karena bagi mereka membangun website itu sulit dan juga bisnis mereka belum terlalu dikenal oleh banyak orang.

Hal tersebut di atas adalah sebuah kekeliruan. Nyatanya, membuat Website itu cukup mudah. yang pertama kita tentu perlu membeli Domain

Website Bisnis atau E-Bussiness

Sebelum membahas tentang website bisnis, kita harus paham dulu apa itu website, sederhananya website adalah kumpulan halaman yang berisi informasi yang dapat diakses melalui internet.  

So, E-Business atau yang lebih akrab kita sebut sebagai bisnis online, merupakan jejaring online di mana orang-orang dapat menemukan informasi tentang bisnis kota, lokasi, produk dan jasa yang kita jual hingga melakukan pembelian.

Dibandingkan bisnis offline (Konvensional) tentu bisnis online mempunyai kelebihan.


Rumahweb 2

Oya, untuk para pelaku bisnis yang masih enggan untuk memulai bisnis online namun belum mempunyai website, yuk simak beberapa manfaat memiliki website bisnis .

Bisnis dapat diakses dimanapun dan kapanpun
Jika dibandingkan dengan bisnis konvensional, toko ataupun kantor tempat dimana kita menjual produk biasanya memiliki jam operasional, sehingga pelanggan yang ingin berkunjung dan melihat produk yang kita jual jadi terbatas informasinya. Namun, akan berbeda jadinya jika kita memiliki website bisnis. Di dunia internet, tidak ada batas waktu dan batas tempat. Siapapun bisa mengakses informasi tentang produk atau jasa yang kita jual, karena tidak ada istilah toko/kantor sedang Closed. Jelas ini menjadi peluang bagi pelaku bisnis yang ingin bisnisnya bisa berkembang.

Sebagai Company Profile

Saya pernah diminta untuk membuat company profile oleh Pak Rusdianto, Beliau pengusaha di salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang Konstruksi Pabrik Kelapa Sawit, kebetulan saat itu saya baru ingin mempelajari bagaimana membuat website.

"Saya ingin usaha saya ini dikenal tidak hanya oleh konsumen tetap, tapi juga oleh orang-orang yang ada di seluruh indonesia, kalau bisa pun orang-orang luar negeri, makanya saya minta bantuan alfa untuk membuatkan website untuk PT bapak ini"
 
Dari pernyataan pak rusdianto tersebut membuat saya paham, bahwa untuk mempromosikan usaha atau bisnis tidak lagi harus membagi-bagikan company profile saat sedang ada tender, bahkan dengan adanya website bisnis, kita bisa memigrasikan company profile ke website sehingga bisa dibaca dan menjadi pertimbangan bagi khalayak ramai.

Toko Virtual
Nah, manfaat website bisnis yang satu ini yang harus jadi pertimbangan bagi pelaku bisnis pemula, bayangkan untuk memulai bisnis kita bisa memanfaatkan website, karena dengan adanya website, kita tidak harus punya toko secara fisik. For your information, hampir seluruh pembeli pasti mencari informasi tentang produk yang akan dibeli melalui internet. Tentu, disinilah peran sesungguhnya dari website bisnis untuk menjaring peluang tersebut.

Untuk memudahkan dan membangun people trust, jangan lupa untuk mencantumkan Lokasi, Kontak Person, Tentang dan Media Sosial di website bisnis.

Sebagai media promosi
Pelaku bisnis wajib punya banyak ide dalam memasarkan dan mempromosikan produk atau jasa yang dijual, website sebagai salah satu media promosi yang paling efektif. Bagaimana meyakinkan konsumen tentang produk/jasa yang kita jual itu penting. Oleh karena itu di dalam website bisnis harus lah menampilkan informasi detail tentang Produk ( Ketersediaan, Jenis hingga Expired Date harus jelas), Mekanisme Pembelian secara Online yang juga harusnya tidak ribet, Jenis Pengiriman juga haruslah beragam dengan alternatif jasa ekspedisi, untuk memperluas jangkauan pengiriman, Dan terakhir tentu saja Jenis Pembayaran yang memudahkan konsumen.

Layanan Pelanggan
Ketersediaan layanan pelanggan (Customer Service) tentu penting dalam menjalankan bisnis dan juga menjadi salah satu variabel penentu keberhasilan suatu bisnis. Oleh karena itu website bisnis juga dapat dimanfaatkan untuk menjaring pelanggan dan meningkatkan penjualan dengan menghadirkan layanan pelanggan online.
Seperti live chat misalnya

Rumahweb 4
Live chat sangat membantu sekali konsumen yang masih mencari informasi tentang produk yang kita jual, mereka dapat berinteraksi dengan customer service secara online dan live. Di mana CS merespon pertanyaan konsumen dengan cepat tanpa harus menunggu lama, tentu ini akan meningkatkan kepuasan dan impresi baik dari konsumen.

Bisa juga dengan mengintegrasikan fitur livechat tersebut dengan Whatsapp sehingga konsumen bisa diarahkan ke whatsapp jika layanan live chat sedang bermasalah atau slow respon.

Menambahkan Nomor Telepon juga pilihan yang bijak, karena mugkin ada beberapa konsumen yang levih suka berbicara langsung daripada mengetik teks melalui live chat.

Sebagai tambahan, kita juga bisa menambahkan KnowledgeBase, seperti daftar pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen, agar konsumen yang memiliki pertanyaan yang sama, dapat lebih mudah menemukan jawabannya, tanpa harus menyulitkan operator livechat untuk menjawab berulang kali.


Rumahweb 5

Gimana ? Banyak banget kan manfaat memiliki website sendiri untuk Bisnis Online, Membuat Website itu tidak lah sulit. Beli Domain dan Hosting, lalu tinggal Create website mu.

Pengalaman Membuat Website untuk Bisnis

Ngomong-ngomong soal membuat website, saya pernah diminta untuk membuat website bisnis untuk salah satu Perusaan Swasta yang sudah saya sempat ceritakan sebelumnya di atas. Jujur saat itu, saya hanya dengan modal nekat menerima permintaan tersebut. setelah searching sana-sini akhirnya saya dipertemukan dengan penyedia Domain dan Hosting Murah. *udah berasa kayak menemukan pujaan hati hihihihi 

sRumahweb 5

Sebab keberanian yang tanpa persiapan tersebut, saya menguras banyak waktu dan pikiran, hingga akhirnya saya membeli Domain dan Hosting di RumahWeb. Banyak penawaran dan diskon yang membuat saya jadi lebih menghemat biaya operasional pembuatan website. *lumayan diskonnya bisa buat jajan

Rumahweb 6

Jarang-jarang beli Domain dan Hosting dengan harga sedemikian murahnya untuk setahun. Tentu saja kesempatan itu saya sambut dengan baik. Nah, jika berminat untuk membeli domain dan juga hosting, jangan khawatir kalau belum paham bagaimana prosedur pembelian Domain beserta Hosting di Rumahweb. Sebab panduan pemesanan domain dan hosting bisa dibaca pada Knowledgebase Rumahweb berikut : -cara order domain dan hosting baru-

By the way, saya lupa ngejelasin nih sebenarnya apa sih Domain itu ? Hosting juga apaan ? *Sorry guys, saya keasikan curhat jadi lupa

Rumahweb 7

Dari ilustrasi gambar di atas, Kita bisa menarik definisi bahwa Domain adalah alamat, fungsinya sebagai pengingat agar pengguna internet tahu harus kemana saat ingin mengunjungi kita, agar pengunjung tidak tersesat itu sebabnya kita butuh domain (alamat).  Untuk domain itu sendiri, mempunyai banyak ekstensi yang bisa kita pilih, misalnya namadomain.com, namadomain.id, namadomain.co.id, namadomain.net dan sebagainya. jadi, tinggal dipilih saja mana yang kita suka untuk nama dan ekstensi domain dari website bisnis kita. *Maafkan Ilustrasi saya yak, kayak gambar anak Playgroup, semoga pada paham deh.

Biasanya, untuk website bisnis banyak yang merekomendasikan ekstensi .com atau .co.id karena dianggap paling umum dan familiar

Bagi yang tertarik ingin memiliki website bisnis, ada baiknya pilihlah nama domain yang mudah diingat dan mencirikan bisnis anda, *Itung-itung untuk membangun bisnis branding

Sementara Hosting adalah Tempat di mana semua data dan informasi dari Website kita di simpan, kalau dari gambar di atas kita bisa asumsikan bahwa jika Domain adalah alamat, maka Hosting itu adalah lahannya,  yang mana lahan tersebut digunakan untuk menyimpan segala aset dari website.

Nah, Domain dan Hosting merupakan pondasi yang menopang kuat website kita. Memiliki website berarti wajib memiliki Domain dan Hosting. Selanjutnya, Tinggal membuat website. Tenang saja, tidak perlu panik jika tidak paham bagaimana membuat website. sebab jika kita membeli Domain dan Hosting di Rumahweb, sudah ada Website Builder   yang siap membantu kita untuk membuat website dengan mudah. 

Rumahweb menghadirkan solusi dalam pembuatan website yang mudah, dengan menyediakan 2 (dua) pilihan website builder, yaitu weebly dan Rumahweb Sitebuilder secara Gratis *Khusus Hosting professional ke atas

Rumahweb 7

Kelebihan dari website builder ini adalah, Pertama, sangat mudah digunakan meskipun kita adalah seorang pemula sekalipun, semudah mengetik di aplikasi Office. Kedua, Tersedia banyak pilihan template yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan, dijamin website bisnis kita menjadi profesional dan keren pastinya. Ketiga, Jika kita mengalami kesulitan dalam menggunakan website builder ini, jangan segan untuk meminta bantuan kepada layanan pelanggan rumahweb seperti live chat atau bisa langsung telepon ke nomor kontak yang tersedia pada website Rumahweb, sebab Rumahweb siap melayani 24 jam. *luar biasa banget pelayanan nya untuk pelanggan

Sudah pada tahu kan apa saja manfaat dari memiliki website bisnis sendiri, ditambah lagi membuat website tidak sesulit yang kita bayangkan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak memiliki website bisnis jika memang ingin bisnis kita berkembang.

Berawal dari website bisnis pribadi yang semula hanya menampilkan informasi bisnis, kita bisa mengembangkannya menjadi E-Commerse, sehingga konsumen bisa langsung bertransaksi dan melakukan pembayaran di website tersebut. sampai hingga akhirnya nanti kita bisa mengembangkan lebih jauh website bisnis pribadi kita, menjadi kanal yang menghubungkan antara seluruh penjual dan pembeli via internet seperti marketplace yang memiliki omset sampai triliyunan per bulan. *jadi mupeng deh saya

Saya rasa cukup demikian saja yang bisa saya sampaikan, hari juga sudah semakin larut dan tentunya saya tidak bisa seperti para operator Rumahweb yang sanggup tetap stay melayani pelanggan selama 24 jam *four thumbs up buat Rumahweb mah !  

Semoga postingan saya ini bermanfaat untuk kita semua. sampai jumpa di postingan selanjutnya yak!!

Disclaimer, Tulisan ini diikut seratakan pada kompetisi blog yang diadakan oleh Rumahweb.
Rumahweb 1

Referensi :
1. Dokumen Pribadi
2. Rumahweb.com
3. Katadata.co.id
4. Buku 'Foundations of Business', 6th Edition 2018.
5. Snappa.com ( Editing Infografik)

1 komentar so far

Sangat bermanfaat buat sya yg sedang tahap membuka bisnis online ni,
Makasih yaa gan

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Mohon berkomentar yang positif.
EmoticonEmoticon