Skip to main content

SINTA : Cara Mudah Registrasi SINTA RISTEKDIKTI

" Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan"
(QS. Al Insyirah 94:6)

Sering kali saat kesulitan hadir, kita seperti diajak untuk lena dengan ketidaksyukuran, menyalahkan keadaan dan benar-benar terbebani oleh hal tersebut. padahal tuhan hanya ingin menguji keikhlasan kita dan melatih kemampuan mengontrol emosi dalam menghadapi masalah. harusnya kita yakin bahwa tiap kesulitan pasti ada kemudahan.

well,  materi yang OOT ( out of the topic ) mohon dimafkan ya. rada bingung mau buat opening seperti apa, semoga tidak membuat kamu yang lagi makan jadi gak selera makan (pengaruh baru siap training ES* hihihihihi).  back to the topic, kali ini postingan saya akan mengangkat tema tentang bagaimana cara registrasi ke SINTA, terkhusus bagi bapak/ibu Peneliti dan Dosen dimanapun bapak/ibu berada, izinkan saya yang fakir ilmu ini berbagi sedikit ilmu yang mana semoga ini membantu bapak/ibu sekalian. 
SINTA ( Science and Technology Index ) merupakan wadah yang menjadi pusat indeks sitasi dan kepakaran di Indonesia, SINTA memudahkan peneliti dan Dosen melihat Tren penelitian terkini, membantu mengidentifikasi kekuatan riset sebuah institusi dan memungkinkan peneliti dan Dosen untuk terlibat dalam kolaborasi penelitian. *keren banget kan yak. partisipasi peneliti dan dosen untuk berperan aktif dalam SINTA setidaknya sudah dijelaskan oleh KEMENRISTEKDIKTI dalam surat edaran NO.227/E/IV/2017 terkait pendaftaran peneliti dan dosen ke portal SINTA. oleh karena itu, pada postingan ini saya mencoba membantu bapak/ibu yang kesulitan dalam mendaftarkan diri ke SINTA *asalkan jangan makin pusing baca panduan saya hehehehe.

berikut tahapan yang bapak/ibu dapat lakukan untuk mendaftar ke portal SINTA: 

Akses Website SINTA
untuk mendaftar ke portal SINTA, hal pertama yang bapak/ibu perlu lakukan adalah silahkan mengakses website SINTA di sinta2.ristekdikti.go.id melalui browser bapak/ibu. sehingga nanti nya akan muncul portal SINTA seperti gambar berikut.



Pilih Menu Registrasi
selanjutnya, jika tampilan browser bapak/ibu sudah seperti pada gambar di atas, langkah berikutnya bapak/ibu bisa klik menu 'REGISTRATION'.


Isi Data yang Diperlukan 
tahap selanjutnya, bapak/ibu akan diminta untuk mengisi data diri yang dibutuhkan, meliputi NIDN bagi dosen, NIP bagi Peneliti, Nama Lengkap, Afiliasi, Nomor Induk Kependudukan (KTP), Email, Password yang akan bapak/ibu gunakan untuk Login di SINTA, URL GoogleScholar dan ID Scopus(jika ada).


bagi bapak/ibu yang kesulitan mengisi url google scholar, bapak/ibu bisa langsung akses akun google scholar bapak/ibu kemudian silahkan copy url yang berada di paling atas browser bapak ibu, lalu paste pada kolom isian Google Scholar URL di SINTA, berikut saya lampirkan cara menyalin url google scholar.

Pilih Tombol Register
jika telah selesai mengisi data dari yang diperlukan, tahap terakhir yang perlu bapak/ibu lakukan adalah silahkan klik tombol register, lalu nanti akan muncul halaman yang menyatakan bahwa registrasi bapak/ibu telah sukses dan biasanya akan ada notifikasi yang masuk ke email bapak/ibu.

sampai disini harusnya bapak/ibu sudah selasai, namun untuk memastikan agar akun SINTA bapak/ibu sepenuhnya aktif dan terverifikasi, silahkan bapak/ibu hubungi Verifikator SINTA di kampus bapak/ibu masing-masing agar akun SINTA bapak/ibu dapat diaktifkan dan diverifikasi dengan sempurna.

untuk memastikan akun SINTA bapak/ibu benar-benar sudah aktif, bapak/ibu bisa akses kembali website SINTA di sinta2.ristekdikti.go.id, lalu pilih menu 'AUTHOR LOGIN' disudut kanan atas. setelah itu, bapak/ibu akan diminta untuk memasukan email dan password yang telah bapak isi sebelumnya pada menu 'REGISTRASI' sebagai indikator pengenal untuk masuk ke akun SINTA.

pastikan bapak/ibu mencatat atau mengingat email dan password yang bapak/ibu gunakan saat mendaftar di SINTA, agar tidak kesulitan utk Login. saat bapak/ibu berhasil login maka portal SINTA akan menampilkan halaman profile bapak/ibu seperti gambar di bawah ini.

good job, selamat bapak/ibu, akun bapak/ibu sudah berhasil didaftarkan dan aktif. *lebay hehehehhe.  last but not lease, saya ucapkan terima kasih kepada bapak/ibu yang sudah menyempatkan membaca artikel saya ini, semoga membantu bapak/ibu menemukan arah yang benar dalam proses registrasi SINTA. and please, do not hesitate to ask me jika bapak/ibu mungkin punya pertanyaan seputar registrasi SINTA ini.

Comments

Popular posts from this blog

K Means Clustering : Contoh Sederhana Penerapan Algoritma K-Means Clustering

A small group of determined and like-minded people can change the course of history-Mahatma Gandhi Tidak segala hal bisa kita lakukan seorang diri, senyaman apapun kita dengan kesendirian, saya yakin ada saat dimana kita berharap tidak ingin sendiri.  Kadang hidup berkelompok membuat kita paham bahwa banyak hal yang bisa dilakukan bersama tanpa harus takut dengan kegagalan. By the way, pada postingan kali ini, saya kembali akan berbagi ilmu yang tidak seberapa ini, dengan harapan dapat meng- enlightening khazanah keilmuan kalian seputar data mining. Mana tau nih ya, adik-adik mahasiswa lagi galau mikirin judul krispi eh skripsi maksud saya. Apa lagi yang fokus pada tema data mining. Kudu pada belajar ya kan *hehehehehe. Jika postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang Algoritma Apriori ( baca disini! ), maka pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang algoritma K-means Clustering. Here we go !! Cluster adalah kumpulan record yang mirip satu sama lain dan berbeda deng

Algoritma Apriori : Contoh Sederhana Penerapan Algoritma Apriori pada Association Rule

teaching is only demonstrating that it is possible. learning is making it possible for yourself -Paulo Coelho- Kadang kala kita abai akan pentingnya proses 'belajar', yang kita harapkan hanya kesuksesan tanpa harus bersusah payah mewujudkan nya. bahkan di cerita dongeng sekalipun, happy ending tidak hadir begitu saja, selalu ada kisah pilu yang mengantarkan kita pada cerita indah di akhir. * ini lagi ngebahas apaan yak -_- by the way,  ini adalah kesempatan yang jarang saya dapatkan, di mana saya bisa tergerak kembali untuk menambah khazanah postingan di blog tercinta. pada postingan kali ini, saya akan fokus untuk membahas konsep 'Data Mining', spesifiknya yang saya akan coba share adalah penerapan algortima Apriori dalam lingkup aturan asosiasi (Association Rule Learning).  Association Rule Learning Bicara soal Association Rule ( Aturan Asosiasi), tidak lepas dari analisis asosiasi dimana konsep sebab-akibat (antecedant-consequent) menjadi poin penting dalam

Mewujudkan Harapan Baru bagi Kemajuan Daerah Terpencil Melalui Konektivitas untuk Pemerataan Pembangunan

“ Happiness lies in the joy of Achievement and the thrill of creative effort” –Franklin D. Roosevelt Bicara tentang Negara Indonesia, tentu kita akan disuguhi dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah di tengah masyarakatnya yang heterogen. Hidup berdampingan, bahu membahu membangun Indonesia agar menjadi lebih baik dan maju. Sejak tahun 1969, Pemerintah telah meletakan dasar-dasar pembangunan yang terencana dan komprehensif dengan berbagai upaya pembangunan di segala bidang untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional . Gejolak di berbagai bidang khususnya sosial, politik, dan ekonomi mengiringi perjalanan pembangunan bangsa Indonesia dari waktu ke waktu , Kesemuanya mampu bangsa ini lalui dengan baik. Tetapi, Gelombang yang menimpa Indonesia pada pertengahan tahun 1997 yang dikenal dengan istilah krisis moneter dan disusul dengan krisis ekonomi, krisis politik dan krisis kepercayaan, menjadi awal terpuruknya Indonesia. Hal tersebut membawa kerusakan di segi kehidupan y