Sunday, May 21, 2017

Academia.edu : Masih Bingung Cara Registrasi/Mendaftar ke Academia.edu ? Mari Sini Singgah.

Tags

“Knowledge increases by sharing but not by saving” Kamari aka Lyrikal
Sudah lama sekali blog saya ini saya tinggal, beruntung ini hanya blog bukan rumah, mungkin sudah banyak sarang laba-laba, debu tebal, kecoak, tikus dan rekan-rekannya, tapi untungnya lagi ini hanya blog bukan hati, lama tak pernah disinggahi mungkin kini ia akan mati ditelan kehampaan *plaaakkk oot banget lu ahh. entah apa yang membuat saya bisa semangat kembali untuk nga-update blog ini, mungkin ini semua karna dia. by the way, Seperti apa yang quote di atas katakan, kali ini tema postingan saya adalah tentang sharing knowledge. Bagaimana teman-teman selaku akademisi dapat saling bertukar informasi satu sama lain, mempublikasi karya ilmiah,artikel ilmiah dan lain-lain. Tentu saja kita butuh wadah,bukan?. Untuk melancarkan pertukaran informasi ini lah, maka pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara registrasi ataupun mendatar di website Academia.edu khususnya buat teman-teman saya dari Universitas Potensi Utama.

for your information guys, bahas sedikit sejarah singkat dari academia.edu *walaupun sebenarnya saya benci belajar sejarah. Well, academia.edu merupakan website yang dibuat khusus untuk para akademisi. Situs jejaring ini digunakan untuk berbagi dokumen, memantau dampaknya dan dapat mengikuti penelitian dalam bidang tertentu. Misi dari academia.edu ini adalah untuk mempercepat laju penelitian dunia. Bagaimana mungkin tidak, di academia.edu kita dapat berbagi hasil penelitian dengan gratis, sudah barang tentu ini berdampak pada pertumbuhan ilmu pengetahuan. Ahh kita sudahi saja basa basi ini, mari kita langsung ke inti dari pembahasan ini.


Eengg..inggg....enggg...ini dia Panduan Registrasi di Academia.edu :
    At the first, Silahkan kunjungi website Academia.edu, setelah itu Kamu akan didirect ke tampilan beranda academia.edu


      Pada tampilan beranda academia.edu, ada 3 cara yang dapat digunakan untuk registrasi. Bisa via google (gmail), via Facebook atau jika Kamu tidak memiliki akun di google maupun facebook *boong banget ya kan, Kamu bisa sign up via email (email selain gmail). 



      Pada panduan ini, registrasi dilakukan via gmail agar lebih mudah *karna saya yakin kalian pada punya akun gmail. Kamu bisa langsung klik tombol “Google Sign Up”. Kemudian, Kamu akan melihat jendela sign in untuk gmail. Silahkan isi email dan password akun gmail Kamu *ingat !! user dan akun kamu jangan inget mantan mulu.


      Setelah memasukan email beserta passwordnya, Kamu akan diminta untuk memberikan izin pada academia.edu untuk melihat contact gmail Kamu, lalu silahkan klik tombol “ALLOW” *tenang aja, dengan kamu mengizinkan academia.edu melihat contact di gmail kamu, academia.edu gak bakal macem-macem apalagi sampek nikung kamu dengan nge-email gebetan kamu.


      Akan ada notifikasi academia.edu ke email Kamu yang menerangkan bahwa gmail Kamu telah terhubung ke academia.edu.


      nah, pada step ini ada 2 kondisi yang akan kamu hadapi namun bersabarlah ini hanya ujian *hihiihii.

      Kondisi Pertama :
       saat kamu sign up dan berhasil, maka tampilan yang akan terlihat seperti gambar di bawah ini


      kemudian, kami bisa memilih "Graduate Student", lalu tampilan berikut akan muncul.



      pada step ini academia edu akan menanyakan anda perihal "apakah kamu punya paper dengan format .pdf yang ingin kamu bagikan di academia.edu?", saya tahu kamu belum punya *sotoy ahhh, pilih "NO". lalu tampilan selanjutnya sebagai berikut.




      tampilan di atas meminta kamu untuk membagikan dokumen penelitian atau karya ilmiah milik kamu, untuk melompati step ini pilih "SKIP" pada bagian bawah kiri. 


      selanjutnya, kamu diminta untuk mengikuti "follow" rekan/kolega yang sudah terdaftar terlebih dahulu di academia.edu. saran saya pilih saja "SKIP" *biar cepat hihihihi.  next, silahkan input/masukan nama institusi anda bekerja/belajar/mengajar/meneliti seperti di bawah ini.



      masih panjang lagi kah ? begitulah, selanjutnya, kamu diminta untuk menginputkan departemen, bisa diisi dengan nama fakultas/program studi atau nama departemen kamu berkerja. 


      jika ketika kamu input tidak ada pilihan departement sebagai pilihan, kami bisa pilih "or create a new departement". lalu buat departement yang kamu inginkan, kemudian klik tombol "ADD".

       
      next step, pada pilihan "Position" akan ada banyak pilihan, pilih “Faculty Member”, jika Kamu mahasiswa S3 di universitas tersebut, silahkan pilih “Post Doctorate”, jika Kamu mahasiswa S1 yang baru saja selesai dan sedang ingin study lanjut maka pilih “Graduate Student”, jika Kamu masih mahasiswa S1 maka “Under Graduate” dan lain-lain. 






      So, untuk pilihan ini kamu pilih saja “other”, lalu ketikan “Lecturer(Dosen)” pada “other Position” lalu klik tombol "SAVE". 


       Kondisi Kedua :

      Setelah log in Kamu akan melihat tampilan beranda akun Kamu, ini artinya Kamu sudah berhasil melakukan registrasi di academia.edu. langkah selanjutnya adalah melengkapi profile Kamu. Ini menjadi bagian tepenting karena ini akan ada hubungannya dengan instansi/institusi tempat Kamu bekerja/mengajar.


      jika Kamu mengalami masalah pada saat login seperti pada gambar di bawah ini, yang pertama kali kamu lakukan adalah berdoa agar masalah mu dimudahkan oleh Allah *masalah jodoh aja dimudahkan apalagi yang beginian mbloo, kemudian silahkan Kamu ketik manual email dan password pada kolom yang telah disediakan, lalu klik tombol “log in”.





      Jika sudah log in, langkah selanjutnya adalah memperbaharui profile atau identitas diri. Klik icon user pada pojok kanan akun Kamu (seperti pada gambar). Kemudian pilih dan klik “View Profile”.

      Setelah muncul tampilan seperti di bawah ini, silahkan klik tombol “EDIT”, pilih “Name”.


      untuk “Name” Kamu bisa mengisinya dengan nama depan, nama tengah dan nama belakang tapi jangan sekali-kali kamu isi dengan nama mantan *lol.


      Begitu juga dengan “Profile Picture” , Kamu bisa memilih sendiri foto yang ingin Kamu jadikan foto profile, kalau bisa foto kamu sendiri jangan berdua ntar susah dicrop kalau udah putus *gubrak.


      Dengan meng-klik tombol “upload”, kemudian Kamu bisa cari file gambar yang tersimpan di komputer kamu.


      Langkah selanjutnya adalah langkah yang tidak kalah penting. fokus kita pada tombol “EDIT” ini adalah “Affiliations”, pun sering kita dengar dengan istilah afiliasi, afiliasi ini bisaa merujuk pada lembaga/instansi/institusi tempat di mana kita bernaung (bekerja/belajar/meneliti). Tanpa afiliasi, akun academia.edu Kamu akan ditandai dengan url “independent.academia.edu/...” yang artinya Kamu belum memiliki lembaga/instansi/institusi untuk bernaung (independen) *independen itu beda sama jomblo yak. Untuk lebih jelas Kamu bisa pilih dan klik “Affiliations”.


      Di academia.edu, karna basic-nya memang untuk dunia pendidikan(akademisi) maka pada afiliasi Kamu hanya dapat memasukan/mengetik nama kampus/universitas tempat Kamu mengajar/belajar (baik ketika Kamu menjadi dosen,mahasiswa bahkan alumni). Karena memang academia berfokus pada pertukaran informasi akademik. Selanjutnya, Kamu bisa mengisi “university” dan sistem akan dengan otomatis mencari universitas yang Kamu maksud. Hal ini penting karena “university” akan menjadi primary identity( identitas utama) Kamu. Dengan kata lain “university” WAJIB diisi karna field “department” dan “position” akan tetap didisable(dikunci) jika “university” belum diisi.



      Baik, kita clear kan untuk masalah “university” lanjut ke “Departement”, lumayan bingung juga untuk mendeskripsikan tentang department pada “affiliations” ini, tapi simple nya, kita bisa isi department dengan nama fakultas/program studi saja. Caranya tinggal klik pada kotak isian “department” lalu lihat di bawah isian ada tertulis “or create a new department..”, pilih dan klik.


      Akan muncul jendela baru untuk Kamu menginputkan department seperti gambar di bawah, lalu klik tombol “ADD


      Next, Pada kotak isian “position”, Kamu bisa menentukan posisi Kamu di universitas tersebut, jika Kamu anggota fakultas silahkan pilih “Faculty Member”, jika Kamu mahasiswa S3 di universitas, silahkan pilih “Post Doctorate”, jika Kamu mahasiswa S1 yang baru saja selesai dan sedang ingin study lanjut maka pilih “Graduate Student”, jika Kamu masih mahasiswa S1 maka “Under Graduate” dan lain-lain. So, untuk pilihan ini kamu pilih saja “other”, lalu ketikan “Lecturer(Dosen)” pada “other Position”. 



      Selesai dengan “position ” tahap terakhir,Kamu hanya tinggal memilih “Primary Affiliation”, jika universitas yang Kamu isi di atas ingin Kamu jadikan afiliasi utama Kamu, silahkan pilih “yes” lalu save.

       Well, sekarang Kamu bisa lihat di url academia.edu Kamu, yang pada awalnya bertuliskan “independent.academia.edu/.....”, sekarang sudah berubah dengan nama afiliasi Kamu "potensi-utama.academia.edu/..." seperti gambar di bawah ini.


      Finally, untuk panduan registrasi pada kesempatan ini saya cukupkan sampai disini, ada pertemuan pun pasti ada perpisahan, namun perpisahan itu jua lah yang membuat hati ini akan dekat sedekat dekapan doa. at last but no least, untuk panduan lanjutan menyusul ya. hehehe Wassalam
       












      EmoticonEmoticon