Wednesday, December 7, 2016

Saat Hati Lebih Memilih Dotcom sebagai Domain Tercinta

Tags

“If you wait for Inspiration to write, you’re not a Writer, you’re a Waiter”
(Don Poynter)


Pak Don Poynter, Seorang penulis amerika serikat dan juga pembicara profesional, benar-benar membuat saya tersentak lalu terhempas dari mimpi berkepanjangan. Menulis butuh inspirasi, itu benar tapi menunggu kadang menjadi justifikasi saya untuk tidak dulu menulis. Sejak masih di bangku sekolah dasar, saya senang sekali menulis, menceritakan kembali film-film kartun yang sudah saya tonton ke dalam bentuk tulisan di buku pramuka. jaman dulu saya gak ngerti dan gak tahu sama yang namanya buku diary , yang saya tahu cuma buku pramuka sebagai buku saku saat mengikuti kegiatan pramuka. Nah, dari awal mengikuti kegiatan pramuka sampai saya keluar dari kegiatan tersebut, buku pramuka itu tidak pernah saya gunakan dan daripada tidak digunakan mending saya pakai buat nulis. Selain itu, saya juga hobi nulis lirik lagu kartun dan juga jurus-jurus yang digunakan oleh para karakter kartun serta nama-nama karakternya di buku pramuka yang sama agar saya dapat mengingat sembari mengenang jasa-jasa mereka yang telah setia menemani hari-hari saya saat saya masih kecil. Sayang buku pramuka itu entah kemana sekarang, hingga tidak bisa saya capture di sini sebagai bukti otentik. 

Back to the topic, menulis merupakan hobi yang luar biasa, dengan menulis saya bisa mengembangkan kemampuan verbal, membedakan kata-kata baku dan tidak baku dan tentu saja memudahkan saya dalam mendeskripsikan sesuatu yang simple ke dalam banyak pernyataan. Hobi ini juga yang membuat saya tertarik masuk dalam dunia karya tulis ilmiah sejak saya menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi swasta. tulisan saya berhasil terbit secara online di Jurnal Voice of Informatics (VoI) tasikmalaya, Jurnal Creative Information Technology Yogyakarta, beberapa hasil tulisan juga saya share di Google Scholar, Academia, Mendeley, ResearchGate serta berhasil dibukukan dalam Prosiding Konferensi Nasional Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (KeTIK) Medan. di awal tahun 2016 saya kembali aktif untuk menulis di blog. internet memudahkan saya dan penulis lain tentunya dalam hal penyebarluasan informasi, pengalaman dan ilmu pengetahuan agar dibaca oleh orang banyak, sungguh begitu menyenangkan. by the way, Semenjak saya menikahi seorang gadis yang hobi sekali menulis, Ngeblog dan juga seorang give-away Hunter, sedikit banyak saya tahu tentang teknik menulis dan info-info tentang lomba menulis baik essay, blog competition sampai folk story. tapi yang membuat pilu hati saya, kebanyakan dari lomba tersebut mensyaratkan para blogger yang berpartisipasi harus memiliki domain pribadi. sedih gak sih woyy *hahahaaha.

Siap punya domain pasti juga siap merauk segala manfaatnya  

Ngomong-ngomong tentang blog, selama ini saya merasa nyaman menggunakan blogspot sebagai platform blogging dari Google. Pun begitu saya pengen banget punya domain sendiri seperti Dotcom, brasa keren aja gitu. Domain Dotcom, Dotnet dan lain-lain bisa dibeli ke penyedia domain seperti DotComForMe misalnya.



gak usah berpikir kalau buat domain pribadi itu susah, karena mudah banget dan banyak sekali tutorialnya. bagaimana cara memiliki domain pribadi, kalian bisa baca disini.  

Anyway, punya domain itu bukan hanya keren tetapi juga ternyata banyak Keunggulan menggunakan Top Level Domain khususnya .com. here they are, guys

Identitas Diri 

Berniat untuk memilki domain khususnya Dotcom sama dengan membangun identitas diri, kenapa? Bagi kalian yang memutuskan untuk aktif di dunia maya ( Cyber Space), sudah barang tentu kalian juga harus punya identitas agar dikenali oleh masyarakat yang menghuni dunia maya, salah satu nya dengan memiliki domain, domain dapat dijadikan sebagai tanda pengenal atau id yang mengabsahkan kita sebagai bagian dari populasi yang berkontribusi dalam meramaikan jagat dunia maya. dengan adanya domain pribadi tersebut, siapapun akan mengenali kita ketika mereka tersesat atau dengan sengaja berkunjung ke website kita. kesimpulannya, domain bisa dikatakan sebagai Atribut Kunci yang bernilai unik, yang mampu dibedakan dengan atribut lainnya *berasa kayak lagi belajar konsep database ya.


Sederhana 

Dengan memiliki domain, kalian sedang menyederhanakan kerumitan kalian dan orang lain. Bayangkan jika alamat website pribadi kalian terdiri dari nama website diikuti dengan nama platform penyedia jasa blogging ditambah dengan ekstensi. Ribet kan ? ya iya lah, yang dikhawatirkan adalah salah pengetikan pada saat mengetik alamat website di URL browser, mengakibatkan halaman yang dituju tidak ditemukan. 

Lebih Terkenal

Sudah seharusnya kalian punya domain terutama yang berekstensi Dotcom. Mengapa demikian ? karena sampai saat ini Dotcom [.com] masih menjadi Top Level Domain yang terbaik di dunia. Social media sekelas Facebbok,Twitter,Google,Youtube dan lain-lain jugamenggunakan ekstensi Dotcom.

so,Dotcom itu sudah familiar untuk kebanyakan pengguna internet. Jangan heran kalau setiap mengetik alamat website tanpa sadar sebagian dari kita latah mengetik Dotcom sebagai ekstensi website tersebut karena saya juga kadang begitu. *maklum saya kan juga manusia. 

Banyak Digunakan

Keunggulan menggunakan Top Level Domain Dotcom [.com] yang paling significan adalah banyaknya pengguna internet yang menambatkan pilihannya ke Dotcom sebagai domain untuk website pribadi atau keperluan bisnis. Hal ini nampaknya relevan dengan data statistik yang ane lansir dari Registrar Stats pada laman-nya. 


Dari data di atas, dapat dilihat 10 domain yang paling banyak digunakan, di mana jumlah pengguna domain Dotcom sebanyak 127.015.739, disusul dengan domain Dotnet sebanyak 15.551.563 dan domain lain-lainnya. 

 
Terpercaya

Memiliki website dengan Top Level Domain juga agaknya meningkatkan kepercayaan warga dunia maya, apalagi untuk kalian yang berniat membuka toko online dan ingin terjun di dunia bisnis online. Tentunya penggunaan domain pribadi, menjadikan website kalian lebih kredibel dibandingkan dengan yang tidak menggunakan domain alias masih numpang sama platform blogging seperti blogspot,wordpress dan lain-lain. Tidak ada salahnya untuk mencoba memiliki domain pribadi khususnya Dotcom. Buktinya, online shop terkenal di indonesia juga mengambil posisi terdepan dalam penggunaan Dotcom seperti lazada, tokopedia, mataharimall, elevenia dan tidak mau ketinggalan online shop kelas internasional seperti amazon,ebay dan teman-temannya.

Benerkan guys, gak ada ruginya punya domain pribadi Dotcom, dijamin kalian kelihatan profesional deh. Me-manage website sendiri dengan kesan trustable. #DotComForBlogging


Sumber gambar : 
http://www.alfasoleh.com/2016/12/antara-benci-dan-cinta-dengan-komputer.html http://www.dreamgrow.com/top-15-most-popular-social-networking-sites/ http://www.registrarstats.com/TLDDomainCounts.aspx  





21 komentar

Kereeen ulasannya Pak, ternyata pake dotcom banyak banget keistimewaannya ya Pak, saya pake dotcom udah 2 tahun terakhir, yg pasang pak suami tercintah, haha, tp skrg pasang dotcom mah gmpang yak, apalagi udah ada situs dotcomforme

Ok,,, must try, klo bs menghasilkan, hahahaha

Dotcom lebih dipercaya serius. Selamat ya mas. Btw ini tampilan mobile otomatisnya masih nyala ya? Templatenya responsive ga

versi mobile nya ga responsive :)

Weee...nambah lagi keluarga dotcom😄

Siapa suami nya mbak?saya bkn ya? Wkwkwkwk

Hehehehe... Kudu rajin2 silaturahim.

Iya mas, setuju banget. Kalau kita udah pake dotcom, kita kelihatannya serius ngeblog.

wewww dot com mah terbaik. tapi .id cinta lokalan :D


EmoticonEmoticon