Skip to main content

Researchgate : Panduan Praktis Registrasi di Researchgate




Welcome back guys....... , wah pada masih puasa kan yak ? kalau moment ramadhan gini, semoga kita dijauhkan dari si BUDI (buka diem-diem) *maaf ya pak budi gak ada maksud. Hari ini, tepatnya Ramadhan kelima, saya diberi kekuatan untuk menaklukan kemalasan. Alhasil, artikel ini berhasil saya publish meskipun benih-benih kemalasan masih suka tumbuh *aslinya ane rajin kok Cuma krn efek puasa jadi pengen tidur mulu. Whatever!! kembali pada BAB pendahuluan, pada postingan kali ini saya akan menyambung postingan saya sebelumnya tentang registrasi Academia(dot)edu, yang belum baca bisa baca disini. Nah, pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkan saya kembali untuk berbagi ilmu walaupun ilmu saya bukan apa-apa semaga bisa jadi apa-apa untuk anda, kakak/abang/adik dan saudara-saudara saya sekalian. Tema artikel saya ini tentang bagaimana cara registrasi/mendaftar di Reserachgate, ini saya rasa penting untuk saya posting mengingat keterbatasan saya dalam memberikan arahan kepada teman-teman saya yang sama-sama bekerja di Universitas Potensi Utama dan juga bagi teman-teman yang mengalami kesulitan untuk registrasi di Researchgate.

lagi-lagi saya harus memberikan pengantar tentang researchgate. Menurut wikipedia, researchgate merupakan situs jejaring sosial yang diperuntukan bagi para saintis dan peneliti dalam hal berbagi artikel ilmiah, tanya jawab seputar topik penelitian terntentu dan menemukan teman-teman peneliti untuk berkolaborasi dalam penelitian. Researchgate sendiri merupakan situs jejaring sosial milik Berlin,Jerman. Jika teman-teman sudah terdaftar di researchgate, sebagai member teman-teman dapat mengunggah hasil penelitian termasuk karya ilmiah, data, BAB-BAB penelitian, paten, proposal penelitian, metode, presentasi dan source code dari software yang teman-teman telah buat. Pun researchgate juga menyediakan layanan grup untuk para peneliti yang memiliki ketertarikan pada topik penelitian yang sama untuk berbagi informasi, sharing pengetahuan atau bahkan berdiskusi tentang kolaborasi penelitian berikutnya *keren banget yak.
Well, tanpa mengurangi rasa hormat, saya langsung saja memberikan step-step untuk registrasi di researchgate. 

Langkah pertama untuk registrasi di researchgate adalah dengan mengjungi situs nya di researchgate(dot)net. Selanjutnya untuk registrasi silahkan kli tombol “Join for Free”.


Pada “What type of Reseacher are you?”, anda bisa memilih “Academic and Student” jika posisi anda sebagai akademisi atau masih sebagai mahasiswa baik pada tingkat S1,S2 ataupun S3. Anda bisa memilih “Corporate,goverment,NGO” jika anda bekerja di bidang sains pada perusahaan,pemerintahan ataupun organisasi non-profit sekelas NGO. “medical” untuk anda yang bekerja sebagai seorang profesional di dunia kesehatan ataupun peneliti di bidang kesehatan, dan anda bisa memilih “Not a researcher” jika anda berprofesi sebagai Jurnalis atau seseorang yang tertarik dalam membaca hasil penelitian namun bukan seorang peneliti.


Step selanjutnya anda diminta untuk menginputkan nama institusi/instansi dan departemen anda *mis : Universitas Potensi Utama, Dept : Lembaga penelitian, tak perlu risau ketika anda menginputkan nama intitusi anda namun institusi anda tidak terdatar pada list suggestion Lalu pilih “Continue”. Namun jika anda ingin mengabaikan isian ini anda bisa pilih “skip this step”.



Berikutnya, anda akan diminta kembali untuk menginput profile anda meliputi “Nama depan (first name)”,”Nama Belakang (last name) “ atau jika memungkinkan anda juga akan diminta untuk menginputkan “Nama tengah(middle Name)”. Pada “your intitution email” silahkan anda masukan email dari institusi anda karena jika anda mahasiswa atau akademisi anda pasti memiliki email institusi (mis: [email protected]” serta “password” yang akan gunakan nanti ketika log-in ke researchgate. Lalu klik “Continue”. Untuk isian ini anda diwajibkan mengisi karena tidak disediakan pilihan untuk “skip”.



Tidak jadi masalah jika email yang digunakan bukan email institusi, namun setiap pilihan pasti ada konsekuensinya begitu juga dengan penggunaan email pribadi karena akan ada langkah tambahan untuk proses registrasi dibandingkan registrasi menggunakan email isntitusi.


Selanjutnya pada “request a free account”, anda diminta untuk membantu pihak researchgate untuk mengkonfirmasi bahwa anda benar seorang peneliti sehingga pihak researchgate dapat memproses permohonan anda secepat mungkin. Yang perlu anda lengkapi adalah “your university educational level” pada isian ini anda inputkan pendidikan terakhir anda, “Bachelor’s Degree” untuk pendidikan S1, “Master’s Degree” untuk pendidikan S2,”PdD” untuk S3 dan lain-lain.



Untuk isian “Your publication history” anda bisa memilih beberapa pilihan seperti “I have published research before” jika anda sudah pernah mempublikasikan hasil penelitian anda sebelumnya, “i’m currently working on my first research to be published” bisa anda pilih jika pada saat ini anda sedang melakukan penelitian pertama anda dan pilihan yang terakhir anda bisa pilih jika anda belum pernah mempublikasi penelitian anda sebelumnya dan anda juga tidak sedang melakukan penelitian apapun.




Terakhir anda dipersilahkan untuk mendeskripsikan penelitian anda dalam bentuk narasi pada isian “Please describe your research”. Kemudian klik “request ree account”.


Setelah itu, researchgate akan mengirimkan pesan ke email institusi anda, jadi silahkan check email institusi anda.

Adapun pesan yang dikirimkan adalah berupa pesan untuk mengkomfirmasi permohonan akun di researchgate yang ditujukan ke email yang anda daftarkan pada pengisian profile di awal.Jika sudah mendapatkan email dari researchgate tersebut, Silahkan klik link berikut


Link tersebut akan membawa anda pada tampilan di bawah ini, di mana anda diminta untuk merekomendasikan beberapa kolega anda yang sudah terdaftar di researchgate, ini berguna untuk mempercepat proses verifikasi registrasi akun anda.



Well, permintaan pembuatan akun anda akan diproses oleh researchgate, mohon bersabar untuk menunggu email selanjutnya dari researchgate.


Perhatikan kembali inbox email institusi anda, apakah sudah ada email dari researchgate seperti di bawah ini, jika belum harap bersabar dan jika sudah silahkan buka email tersebut.

silahkan klik tombol “Provide Information” seperti pada gambar di bawah ini.



“Upload a File” jika Anda ingin mempublish karya ilmiah/paper yang sudah/belum pernah dipublish sebagai informasi tambahan di researchgate, atau jika memungkinkan anda bisa mengcopy link url google scholar ke “Research Link”. Setelah itu silahkan klik “Submit”


Informasi yang telah anda penuhi tersebut akan diproses oleh researchgate, nah. Anda diminta untuk menunggu balasan dari researchgate terkait persetujuan akun anda, persetujuan ini mungkin akan memakan waktu sekitar 2 hari atau lebih dan bisa saja 1 hari setelah pengajuan, anda hanya diminta untuk bersabar *bukan berarti anda digantung oleh pihak researchgate, namun hal ini cukup memakan waktu dikarenakan pihak researchgate akan melakukan validasi atas informasi yang telah anda berikan.



Selanjutnya, pihak researchgate akan mengirimkan notifikasi berupa informasi bahwa akun researchgate anda telah di approved. Jadi untuk memastikannya, anda harus sering memeriksa email institusi anda. Jika anda telah menerima pesan seperti pada gambar di bawah ini.


Selamat akun anda sudah aktif, langkah selanjutnya anda tinggal mengatur profile anda dengan mengklik tombol “Set Up Profile”. Pada “Select Your Disiplines”, anda bisa menentukan fokus bidang penelitian (disiplin ilmu) anda saat ini. 



Next step, anda silahkan pilih maksimal 3 disiplin ilmu dan 3 sub disiplin ilmu ( topik keilmuan), seperti gambar di bawah ini. 



Jangan terlalu dipaksakan, jika hanya 1 disiplin ilmu dan hanya 1 topik disiplin ilmu yang sesuai untuk anda , it doesn’t matter at all . pilih saja.

Pada “Add Your Skills and Expertise”, anda bisa memilih kajian yang sedang /atau ingin diteliti, hal ini saya rasa perlu, mengingat pada tahapan ini, researchgate akan menginformasikan anda bahwa ada penelitian terbaru tentang kajian yang sama dengan kajian yang anda teliti sebagai referensi bahan bacaan anda tentunya. Jika anda tidak berkenan, anda bisa pilih “Skip This Step”.



Tahapan ini,anda diharapkan untuk mengupload foto profile. Setelah selesai silahkan tekan tombol “Complete Sign Up”. Dan jreeennngg……… researchgate anda telah selesai.



Finally, it's over.... semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi yang membaca. terima kasih....











Comments

  1. sangat bermanfaat, terima kasih ya. Jalan-jalan juga ke blog saya ya: akhmad maris atau akhmad.com

    ReplyDelete
  2. cara login untuk pasword yang lupa gimana bro,mohon info nya,trims

    ReplyDelete
  3. Terima kasih,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Terima kasih. Artikel yang bermanfaat sekali.

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Mohon berkomentar yang positif.

Popular posts from this blog

Algoritma Apriori : Contoh Sederhana Penerapan Algoritma Apriori pada Association Rule

teaching is only demonstrating that it is possible. learning is making it possible for yourself -Paulo Coelho- Kadang kala kita abai akan pentingnya proses 'belajar', yang kita harapkan hanya kesuksesan tanpa harus bersusah payah mewujudkan nya. bahkan di cerita dongeng sekalipun, happy ending tidak hadir begitu saja, selalu ada kisah pilu yang mengantarkan kita pada cerita indah di akhir. * ini lagi ngebahas apaan yak -_- by the way,  ini adalah kesempatan yang jarang saya dapatkan, di mana saya bisa tergerak kembali untuk menambah khazanah postingan di blog tercinta. pada postingan kali ini, saya akan fokus untuk membahas konsep 'Data Mining', spesifiknya yang saya akan coba share adalah penerapan algortima Apriori dalam lingkup aturan asosiasi (Association Rule Learning).  Association Rule Learning Bicara soal Association Rule ( Aturan Asosiasi), tidak lepas dari analisis asosiasi dimana konsep sebab-akibat (antecedant-consequent) menjadi poin penting dalam

K Means Clustering : Contoh Sederhana Penerapan Algoritma K-Means Clustering

A small group of determined and like-minded people can change the course of history-Mahatma Gandhi Tidak segala hal bisa kita lakukan seorang diri, senyaman apapun kita dengan kesendirian, saya yakin ada saat dimana kita berharap tidak ingin sendiri.  Kadang hidup berkelompok membuat kita paham bahwa banyak hal yang bisa dilakukan bersama tanpa harus takut dengan kegagalan. By the way, pada postingan kali ini, saya kembali akan berbagi ilmu yang tidak seberapa ini, dengan harapan dapat meng- enlightening khazanah keilmuan kalian seputar data mining. Mana tau nih ya, adik-adik mahasiswa lagi galau mikirin judul krispi eh skripsi maksud saya. Apa lagi yang fokus pada tema data mining. Kudu pada belajar ya kan *hehehehehe. Jika postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang Algoritma Apriori ( baca disini! ), maka pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang algoritma K-means Clustering. Here we go !! Cluster adalah kumpulan record yang mirip satu sama lain dan berbeda deng

Mewujudkan Harapan Baru bagi Kemajuan Daerah Terpencil Melalui Konektivitas untuk Pemerataan Pembangunan

“ Happiness lies in the joy of Achievement and the thrill of creative effort” –Franklin D. Roosevelt Bicara tentang Negara Indonesia, tentu kita akan disuguhi dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah di tengah masyarakatnya yang heterogen. Hidup berdampingan, bahu membahu membangun Indonesia agar menjadi lebih baik dan maju. Sejak tahun 1969, Pemerintah telah meletakan dasar-dasar pembangunan yang terencana dan komprehensif dengan berbagai upaya pembangunan di segala bidang untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional . Gejolak di berbagai bidang khususnya sosial, politik, dan ekonomi mengiringi perjalanan pembangunan bangsa Indonesia dari waktu ke waktu , Kesemuanya mampu bangsa ini lalui dengan baik. Tetapi, Gelombang yang menimpa Indonesia pada pertengahan tahun 1997 yang dikenal dengan istilah krisis moneter dan disusul dengan krisis ekonomi, krisis politik dan krisis kepercayaan, menjadi awal terpuruknya Indonesia. Hal tersebut membawa kerusakan di segi kehidupan y