Skip to main content

Sebuah Nasihat Tentang Rindu


Dalam sebuah ceramah pada peringatan Maulid Nabi Muhammad saw, Sang Kyai bertutur banyak hal hingga saat menutup ceramah itu dia berkata, "Barangsiapa bermimpi Rasulullah, maka sesungguhnya itulah Rasulullah. Karena Jin, Syetan, Iblis, Dajjal bahkan Malaikat sekalipun, tak bisa menyerupai Rasulullah. Gampanglah, nanti kalau mau bermimpi Rasulullah datang saja ke rumah, saya punya rahasia dan doanya".
Rupanya Gondes, salah seorang audiens tertarik dengan bahasan Sang Kyai, sehingga keesokan harinya dia datang ke rumah Sang Kyai untuk mendapat rahasia dan doanya. Sang Kyai lantas memberinya catatan doa dan wirid yang harus di-amal-kan oleh Gondes.
Keesokan harinya Gondes kembali datang ke rumah Sang Kyai dan menceritakan bahwa setelah dia lakukan semuanya, ternyata malam harinya dia belum bermimpi Rasulullah. Kemudian Sang Kyai kembali memberikan catatan doa dan wirid tambahan untuk Gondes. Kembali Gondes dengan penuh semangat meng-amal-kannya dan lagi lagi Gondes kembali keesokan harinya karena tak juga dia bermimpi Rasulullah. Dan itu terjadi lagi setelah ketiga kalinya Gondes amal-kan doa dan wirid dari Sang Kyai.

Pada kedatangan keempat kalinya, Sang Kyai menyuruh Gondes untuk bermalam di rumahnya. Gondespun dengan senang hati mengiyakan. Pada saat santap malam, Sang Kyai menyuguhkan nasi berlauk ikan asin, tempe goreng dan garam pada Gondes. "Tak apalah", kata Gondes dalam hati. Tapi celakanya Sang Kyai tak memberinya minum, malah menyuruhnya istirahat di kamar yang telah disiapkan untuknya dan Gondes dengan rasa sungkan-nya hanya bisa manut.
Menjelang tidurnya Gondes tersiksa, rasa kering di kerongkongan membuatnya dongkol, namun rasa kantuk yang ada tetap saja membuatnya terlelap. Dalam tidurnya, dia bermimpi berjalan di padang tandus yang seakan tak bertepi. Namun di tengah perjalanan itu dia menemukan Oase, sumber air yang bening dan dengan rakusnya Gondes meminum airnya yang menyegakan.
Pagi harinya, Sang Kyai menanyakan perihal tidur Gondes. "Wah Pak Kyai saya malu mau bilang, sebenarnya semalam saya haus banget", kata Gondes. "Oh, maaf", kata Pak Kyai, " Bu, tolong ambilkan minum buat Gondes!". "Ga usah repot-repot Pak Kyai, saya sudah minum kok", kata Gondes mencegah. "Lho, kapan?" Tanya Pak Kyai. Lalu Gondespun menuturkan perihal mimpinya.
Gondes, itulah rindu. Semalam kamu bermimpi air, karena kamu begitu merindukannya. Begitu juga Rasulullah, beliau akan hadir pada orang-orang yang benar-benar merindukannya.

Maafkan kami ya Rasul, ternyata kami tak benar-benar merindukanmu.
Kami tak serius dalam merindumu Ya Rasul, meski kami selalu mengatakan itu.

Comments

Popular posts from this blog

Algoritma Apriori : Contoh Sederhana Penerapan Algoritma Apriori pada Association Rule

teaching is only demonstrating that it is possible. learning is making it possible for yourself -Paulo Coelho- Kadang kala kita abai akan pentingnya proses 'belajar', yang kita harapkan hanya kesuksesan tanpa harus bersusah payah mewujudkan nya. bahkan di cerita dongeng sekalipun, happy ending tidak hadir begitu saja, selalu ada kisah pilu yang mengantarkan kita pada cerita indah di akhir. * ini lagi ngebahas apaan yak -_- by the way,  ini adalah kesempatan yang jarang saya dapatkan, di mana saya bisa tergerak kembali untuk menambah khazanah postingan di blog tercinta. pada postingan kali ini, saya akan fokus untuk membahas konsep 'Data Mining', spesifiknya yang saya akan coba share adalah penerapan algortima Apriori dalam lingkup aturan asosiasi (Association Rule Learning).  Association Rule Learning Bicara soal Association Rule ( Aturan Asosiasi), tidak lepas dari analisis asosiasi dimana konsep sebab-akibat (antecedant-consequent) menjadi poin penting dalam

K Means Clustering : Contoh Sederhana Penerapan Algoritma K-Means Clustering

A small group of determined and like-minded people can change the course of history-Mahatma Gandhi Tidak segala hal bisa kita lakukan seorang diri, senyaman apapun kita dengan kesendirian, saya yakin ada saat dimana kita berharap tidak ingin sendiri.  Kadang hidup berkelompok membuat kita paham bahwa banyak hal yang bisa dilakukan bersama tanpa harus takut dengan kegagalan. By the way, pada postingan kali ini, saya kembali akan berbagi ilmu yang tidak seberapa ini, dengan harapan dapat meng- enlightening khazanah keilmuan kalian seputar data mining. Mana tau nih ya, adik-adik mahasiswa lagi galau mikirin judul krispi eh skripsi maksud saya. Apa lagi yang fokus pada tema data mining. Kudu pada belajar ya kan *hehehehehe. Jika postingan sebelumnya saya sudah membahas tentang Algoritma Apriori ( baca disini! ), maka pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang algoritma K-means Clustering. Here we go !! Cluster adalah kumpulan record yang mirip satu sama lain dan berbeda deng

Mewujudkan Harapan Baru bagi Kemajuan Daerah Terpencil Melalui Konektivitas untuk Pemerataan Pembangunan

“ Happiness lies in the joy of Achievement and the thrill of creative effort” –Franklin D. Roosevelt Bicara tentang Negara Indonesia, tentu kita akan disuguhi dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah di tengah masyarakatnya yang heterogen. Hidup berdampingan, bahu membahu membangun Indonesia agar menjadi lebih baik dan maju. Sejak tahun 1969, Pemerintah telah meletakan dasar-dasar pembangunan yang terencana dan komprehensif dengan berbagai upaya pembangunan di segala bidang untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional . Gejolak di berbagai bidang khususnya sosial, politik, dan ekonomi mengiringi perjalanan pembangunan bangsa Indonesia dari waktu ke waktu , Kesemuanya mampu bangsa ini lalui dengan baik. Tetapi, Gelombang yang menimpa Indonesia pada pertengahan tahun 1997 yang dikenal dengan istilah krisis moneter dan disusul dengan krisis ekonomi, krisis politik dan krisis kepercayaan, menjadi awal terpuruknya Indonesia. Hal tersebut membawa kerusakan di segi kehidupan y