Kemudahan Investasi Emas Digital dari Maybank dengan Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App

 


Memasuki usia 30 tahun, membuat saya mulai khawatir dengan masa depan, khususnya masa depan finansial. Sebagai kepala keluarga memang harus aware kan dengan masalah Keuangan, malah kalau gak pinter-pinter takutnya terjebak sama kutukan “Sandwich Generation”. Berhubung kemarin ini saya juga mendengar kalau Maybank Indonesia meluncurkan fitur Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App, akhirnya terlintas rencana untuk membuka rekening di Maybank karna fitur ini cocok bagi saya yang ingin mempersiapkan rencana keuangan keluarga

Bicara tentang keluarga, Bagi saya menjadi kepala keluarga adalah peran terberat sekaligus terhebat yang saya jalani saat ini. Jika ada yang bilang bahwa jomblo itu berat, bagi saya yang sudah berkeluarga, jomblo itu malah ringan. *hahahaha karena gaji gak bakal numpang lewat doang di rekening.  Berkeluarga, bukan hanya tentang kamu dan pasangan, bukan hanya tentang ketegasan dan kasih sayang Tapi yang terpenting adalah tentang tanggungjawab. 

Tanggung jawab merupakan perwujudan dari semua emosi positif dalam menata rumah tangga. Cinta, kasih sayang, perhatian,ketulusan dan segala bentuk yang terbaik dari emosi tercurahkan lewat rasa tanggungjawab. 

Apakah tanggungjawab tersebut berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan keluarga secara materil? jawaban nya tentu saja ya. Memastikan kebutuhan orang yang dicintai terpenuhi juga menjadi salah satu bentuk tanggungjawab yang mutlak dari seorang kepala keluarga. 

Salah satu hal penting yang harus saya siapkan dari sekarang adalah tabungan terbaik keluarga, terutama untuk sang buah hati. Mempersiapkan hal tersebut membutuhkan waktu dan persiapan yang matang. apalagi anak saya sudah berkali-kali mengatakan ingin sekali jadi Astronot, meski berasal dari keluarga yang sederhana, saya tidak pernah menyepelekan cita-cita nya hanya karena itu terasa berat untuk saya. Namun saya yakin tidak ada yang tidak mungkin.

Inilah dasar mengapa saya katakan bahwa tanggung jawab kepada keluarga itu erat sekali hubungannya dengan perencanaan kebutuhan keluarga di masa depan. Bercermin pada pengalaman teman-teman saya, saya terpikir untuk mulai menyisihkan sedikit penghasilan untuk menabung.

Bicara soal tabungan, saya agak khawatir dengan isu resesi maupun inflasi jika memilih menabung dalam bentuk uang, itulah mengapa akhirnya saya memutuskan untuk menabung emas digital. Saya menilai bahwa resesi dan nilai emas memiliki keterkaitan yang bertolak belakang, biasanya jika ekonomi melemah, nilai emas cenderung stabil bahkan malah naik, pun begitu dengan resesi. Mengutip dari Forbes yang menilai dari tiga resesi global terakhir, yaitu pada 2020, 2007 dan 2001, menunjukan bahwa nilai emas terus naik.

Menabung emas digital juga perlu persiapan dan rencana yang jelas, berikut tips menabung emas digital yang bisa dipelajari bagi yang ingin memulainya.

  1. Pastikan Tujuan Menabung Sebuah tujuan haruslah ditentukan dan dipastikan sejak awal, sama hal nya dengan menabung. Pastikan tujuan menabung ini jelas, apakah untuk jangka pendek atau untuk jangka panjang. Jika untuk jangka panjang, jelas tabungan emas bisa jadi solusi terbaik. Tabungan jangka panjang bisa digunakan untuk dana pendidikan anak ataupun untuk dana pensiun.
  2. Tentukan Kemampuan Keuangan 
    Jika telah menetapkan tujuan untuk menabung emas, selanjutnya tentukan kemampuan keuangan mu, rencanakan dan alokasikan besaran dana yang akan disisihkan untuk ditabung. Kunci dari menabung emas bukan soal besar kecilnya besaran yang akan ditabung, melainkan konsistensi dalam menabung.
  3. Pilih tempat membeli emas digital yang terpercaya
    Ada hal yang tidak kalah penting yang perlu diperhatikan saat menabung emas digital, yaitu memastikan membeli emas di tempat yang terpercaya. pastikan juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Menabung emas sama halnya dengan investasi, tentu kita tidak ingin terjebak dalam investasi bodong hanya karena disebabkan salah memilih.
 
Jika masih bingung dimana tempat menabung emas digital yang terpercaya, saya sarankan untuk mencoba Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID App dari Maybank. 

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, pada 30 Januari 2024 lalu Maybank Indonesia bersama Pegadaian telah meluncurkan fitur dan produk Tabungan Emas Pegadaian di M2U ID (mobile banking).

Beberapa keuntungan Tabungan emas Pegadaian M2U ID App yang bisa kita dapatkan adalah :

  • Tersedia di M2U ID App (mobile banking), pada aplikasi ini kamu tidak hanya bisa menabung namun kamu bisa mengelola aset dan portofolio keuangan yang kamu miliki sehingga transaksi lebih mudah dan dapat dilakukan di mana saja dengan praktis.
  • Tanpa biaya admin transaksi. Tidak ada biaya administrasi untuk transaksi pembelian dan penjualan untuk saat ini.
  • Dijamin oleh Pegadaian. Emas yang dijual di M2U ID App (mobile banking) memiliki kadar kemurnian 24 karat.
  • Registrasi mudah, dapat dilakukan hanya melalui M2U ID App (mobile banking).
  • Dikelola secara profesional dan transparan.
  • Harga beli dan jual yang kompetitif. Tersedia informasi harga emas terkini setiap hari.
  • Buat Kamu yang ingin konsisten dalam berinvestasi, tersedia pilihan untuk atur transaksi secara rutin, Nasabah dapat melakukan pembelian emas secara otomatis (mingguan/bulanan).
  • Nasabah dapat melakukan melakukan transaksi pembelian emas mulai dari 0,01 gram atau Rp10.000,-
  • Nasabah dapat melakukan penjualan dan pembelian maksimum masing-masing 100 gram/hari.

Gimana ? berminat untuk Investasi emas di M2U ID App? Proses Registrasinya mudah kok, teman-teman bisa klik disini untuk melihat panduan registrasi awal dan pembelian pertama tabungan emas nya.

Dan pastikan sebelumnya kamu sudah mempunyai rekening di Maybank. Bagi yang belum bisa download M2U ID silahkan klik disini.

Well, itu tips menabung emas yang bisa teman-teman coba, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di next artikel. :D

Sumber :
1.https://www.forbes.com/sites/qai/2022/09/09/what-investors-miss-about-the-price-of-gold-and-where-we-stand-today/?sh=47e0aff031bd
2. https://www.maybank.co.id/id/premierwealth/aset-enhancer/tabungan-emas


Post a Comment

0 Comments