Tips bagi kamu yang ingin mudah tidur di malam hari, yang terakhir wajib dicoba.

 

Beberapa hari belakangan, aku dan temanku sering sekali membahas tentang mengubah pola hidup sehat, especially tentang tidur. ia bercerita bahwa susah sekali baginya untuk tidur lebih cepat di malam hari. dari jam tidur yang berantakan hingga kebiasaan begadang yang tak terhindari. Pernah sih dulu banget, ketika masih kuliah, aku juga terjebak dalam siklus tidur yang tidak sehat. Sleep call yang gak penting sampek subuh, marathon nonton anime hingga ngegame gak jelas hingga larut malam. What a toxic habit.

Oya, Setiap kebiasaan buruk selalu diikuti oleh dampak yang buruk, begitu juga dengan kebiasaan begadang. Jelas punya banyak sekali dampak negatif nya bagi tubuh. Seperti yang dijelaskan oleh bapak David F. Dinges, Ph.D (Psychologist dan Sleep Expert), Tanda awal dari dampak kurang tidur adalah pertama, gampang marah atau emosi yang kadang tidak terkontrol, dikarenakan otak kita jauh lebih reaktif secara emosional ketika kurang tidur dan tubuh menjadi stress kronis. 

Kedua, sering murung, sebab stress kronis tadi, kita jadi lebih rentan depresi dan cemas yang akhirnya mood tidak stabil . Ketiga, rasa malu. Sebagai tambahan, Kurang tidur ternyata mampu meningkatkan kadar hormone Ghrelin yang membuat kita merasa lapar, sekaligus menurunkan kadar hormone Leptin yang membuat kita merasa kenyang. 

Jika tanda awal tersebut sudah pernah dirasakan dan tetap tidak memperbaiki jam tidur, maka tanda selanjutnya yang akan dirasakan oleh seseorang yang kurang tidur adalah diri menjadi apatis, ucapan yang melambat, respon emosional yang datar, gangguan memori, dan ketidakmampuan untuk melakukan banyak tugas, yang paling parah adalah orang yang terbiasa kurang tidur akan rentan untuk terkena kanker. Idealnya, kita harus menghabiskan waktu sekitar 6-7 jam untuk tidur di malam hari.

Gimana ? masih mau terus begadang? Atau masih bingung gimana agar mudah tidur di malam hari ? sini simak beberapa tips yang barang kali bisa kalian coba agar mudah tidur di malam hari.

1. Hindari Mengkonsumsi  Kafein

Untuk bisa tidur, tubuh kita biasanya mengikuti ritme Circadian, ini adalah semacam jam yang ada di otak yang mengatur kapan harus tidur dan kapan harus bangun, selain itu ada juga zat kimia dalam tubuh yang mempengaruhi rasa Lelah dan kantuk, yaitu Adenosin. Semakin banyak jumlah adenosin dalam tubuh maka semakin mudah kita untuk tidur. 

Nah disini nih letak konfliknya, bagi kalian yang suka mengkonsumsi Kopi, tentu sudah tahu bahwa kopi mengandung zat yang bernama Kafein, si Kafein ini ternyata memiliki peran untuk mencegah diterimanya Adenosin oleh Reseptor Otak, sehingga siapapun yang mengkonsumsi kafein tidak akan merasakan kantuk untuk sementara, fun fact nya nih ya, ketika mengkonsumsi kafein, 5 sampai 7  jam kemudian kafein itu masih tetap ada di sistem tubuh kita. So, sebaiknya hindari konsumsi kafein di sore hari. 

2. Atur Suhu Ruangan Kamar Tidur

Memastikan kamar tidur ada di suhu yang nyaman untuk tidur juga perlu diperhatikan, idealnya untuk kebanyakan orang, suhu ruangan yang nyaman itu sekitar 19 drajat celcius. Kebayang dong saat suhu ruangan terlalu panas atau terlalu dingin, kita akan kesulitan untuk tidur. 

3. Gunakan Pakaian Tidur yang Nyaman

Memilih pakaian  tidur juga sepertinya sepele, tapi ternyata perlu juga untuk concern untuk itu. Pakaian tidur yang nyaman, akan memudahkan kita untuk menyambut baik signal dari adenosine.  Pada dasarnya suhu ruangan, tempat tidur hingga pakaiaan tidur menentukan selimut termal yang membungkus tubuh kita di malam hari, maka pilih lah yang membuat kita nyaman.

4. Pastikan Kamar Tidur tidak terlalu terang ( Gunakan Smart Lighting )

Ada sebuah fun fact yang mungkin tidak banyak diketahui tentang tidur, pada dasarnya tubuh manusia didesain untuk tidur ketika gelap, agar hormon yang disebut melatonin bisa dilepaskan lebih baik. Fyi, hormon melatonin memiliki peran untuk mengendalikan pola tidur dan cenderung meningkat pada malam hari. Of course, cahaya yang terang akan menghambat keluarnya hormon melatonin di tubuh, akibatnya kita jadi sulit untuk tidur nyenyak. 

Most of us mungkin agak tidak nyaman untuk tidur dalam keadaan gelap dan boleh-boleh saja menyiasatinya dengan menggunakan lampu kamar yang redup atau Smart Lighting.

Bicara soal Smart Lighting, baru-baru ini aku coba untuk pakai Philips Smart LED Connected by WiZ.  Lampu Philips yang satu ini dapat dikendalikan menggunakan Smartphone loh !  sehingga mudah untuk diredupkan, diatur dan diubah warna cahayanya melalui Aplikasi WiZ

Disamping itu, Teknologi yang ada pada Philips Smart LED Connected by WiZ ini juga memungkinkan aku untuk meningkatkan produktivitas kerja, menyemarakan suasana dengan ragam cahaya yang mencakup kebutuhan fungsional dan keseruan di rumah. Kebayang gak sih, makan malam di rumah bisa serasa kayak fine dining, tidur di kamar serasa kayak di hotel, ruang kerja yang tadinya biasa aja, sekarang serasa kayak ruang kerja ala-ala CEO Start-up.  Keren kan ya, multifungsi banget lampunya.


for your information, ada banyak varian Philips Smart LED Connected by WiZ  loh, seperti :
  • Philips Smart LED Connected by WiZ downlight, Tunable white & color ambiance
  • Philips Smart LED Connected by WiZ decorative (ceiling, portable hero, squire, mobile portable and linier)
  • Philips Smart LED Connected by WiZ  lightstrip
  • Philips Smart LED Connected by WiZ accessories (remote control, motion sensor, and smart plug)
  • Philips Smart LED Connected by WiZ bulb, Tunable white & color ambiance
Untuk Cara setting Philips Smart LED Connected by WiZ gak ribet kok, Pertama, silahkan Unduh aplikasi WiZ di AppStore atau Google Playstore. Kedua, Pasang dan hubungkan Philips Smart LED Connected by WiZ dengan aplikasi, ikuti langkah-langkah pada aplikasi yang ada di layar smartphone untuk melengkapi proses set up. Terakhir, silahkan Nikmati pengalaman Philips WiZ sepenuhnya dan ciptakan suasana yang diinginkan di rumah. 

Jujur aku sendiri suka sekali menggunakan smart lamp yang satu ini,ketika butuh suasana yang nyaman saat tidur, bisa aku atur untuk pencahayaan nya, ketika butuh suasana yang energik saat bekerja di malam hari, bisa disesuaikan juga. lebih enak nya lagi bisa dikontrol dengan wifi dan perangkat smarphone, gak perlu lagi panik kalau remote nya hilang hehe.

Sebagai tambahan, dengan adanya Philips WiZ, aku gak perlu mematikan lampu satu per satu di setiap ruangan, sebab Lampu dapat dikontrol dari manapun menggunakan aplikasi yang mudah. Ada fitur Kontrol suara, untuk atur warna cahaya smart dengan perintah suara. Kompatibel dengan hampir semua perangkat aktivasi suara dari Amazon dan Google. 

Oya ada juga, Pengaturan waktu dan jadwal, jadi aku bisa atur otomatis untuk membangunkan tidur, menyambut saat pulang ke rumah, membantu agar lebih mudah tidur, dan untuk aktivitas lainnya. Anyway, mudah disesuaikan cahayanya dengan pola aktivitas ku sehari-hari. Sebagai Smartizen, yuk Beralih ke Lampu pintar/smart lighting. *hehe

By the way, kalau kalian berminat dengan Philips Smart LED ini di Official Store di Tokopedia: https://bit.ly/PhilipsSmartLEDConnectedbyWiz_EBlogger


At least, penggunaan Smart Lighting bisa jadi solusi bagi kalian yang gak nyaman dengan ruangan kamar tidur yang gelap.

Well, sekian tips seputar hal-hal yang perlu kalian lakukan agar lebih mudah tidur di malam hari, semoga tips ini berguna dan sampai jumpa guys. 

Post a Comment

0 Comments