Wednesday, November 27, 2019

Pentingnya Menjaga Pola Hidup Sehat Ditengah Padatnya Aktivitas Pekerjaan

-Pentingnya Menjaga Pola Hidup Sehat Ditengah Padatnya Aktivitas Pekerjaan-


Herbadrink 1
Sumber : Dokumen Pribadi

Memiliki rutinitas pekerjaan yang padat membuat saya sulit membagi waktu. Jangankan untuk berolah raga, menikmati sarapan saja kadang tidak sempat. Sebagai Pegawai Struktural di salah satu Universitas Swasta di Kota Medan, Saya diharuskan bekerja dari Pagi hingga Malam hari. Paginya, saya disibukan dengan berbagai macam keperluan Dokumen kampus, menyiapkan berkas sana-sini, memonitoring kelengkapan dokumen hingga mengarsipkan dokumen tersebut. Malam harinya, Saya juga harus mengajar mahasiswa, khusunya mahasiswa kelas eksekutif (kelas pekerja). Begitulah aktifitas rutin yang saya jalani sehari-hari. Jika Weekend tiba, saya tidak bisa fokus beristirahat, sebab mau tidak mau saya harus isi dengan berbagai aktivitas bersama keluarga.

Terkadang, pola hidup yang berantakan, akhirnya mempengaruhi daya tahan tubuh. ini yang tengah saya rasakan, saya lebih sering mengantuk saat bekerja, badan terasa lemas, kondisi pencernaan kacau dan kolesterol tak bisa dibendung. Meskipun begitu, saya terus melakukan kebiasaan buruk, seperti ngemil gorengan, mengkonsumsi makanan cepat saji, malas minum air putih, duduk dalam waktu yang lama di ruangan ber AC dan tidur terlalu larut malam sebab deadline pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Puncaknya, pada bulan Februari 2019, Saya mulai merasakan ada yang tidak beres dengan tubuh saya. Perut saya terasa kembung, sakit kepala, muntah setiap kali makan, lemas, lelah serta kulit dan mata saya menguning. Singkat cerita, saya memberanikan diri untuk berkonsultasi dengan Dokter spesialis Penyakit Dalam untuk mengetahui kondisi kesehatan saya. Setelah 3 (Tiga) kali melakukan tes darah untuk memeriksa adanya tanda-tanda virus, infeksi atau masalah lain pada organ dalam. Saya juga diminta melakukan pemeriksaan USG (Ultrasonografi) untuk melihat adanya gangguan atau penyumbatan pada organ dalam tersebut.


Herbadrink 2
Sumber : Dokumen Pribadi

Setelah hasil tes darah keluar, ternyata tidak ada gangguan pada fungsi Hati. hanya kadar bilirubin pada darah yang meningkat, hal itu yang menyebabkan kulit dan mata saya menguning sebab terganggunya fungsi Empedu sehingga Hati bekerja lebih ekstra untuk menjalankan perannya dalam mencerna lemak di tubuh. 


Namun, Hasil Ultrasonogafi (USG) yang pada akhirnya membuat Dokter menyimpulkan bahwa saya menderita Radang Empedu.  Menurut laman kesehatan alodokter.com, Radang Empedu (Cholecystitis) terjadi dikarenakan penyumbatan pada saluran empedu yang berujung pada peradangan atau infeksi, yang dipicu oleh beberapa kebiasaan buruk seperti pola makan yang tidak sehat, makanan berkadar lemak tinggi, garam atau bersantan.

Ini menjadi turning point di hidup saya, khususnya kesadaran akan kesehatan yang sering saya abaikan. Saya setuju sekali bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Namun, Penyesalan saya sudah terlambat dan upaya saya untuk kembali sehat benar-benar butuh kesungguhan.

Sebulan pasca istirahat total dan tidak bekerja, saya belajar memperbaiki pola hidup dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk saya selama ini. 



Herbadrink 3
Sumber : Dokumen Pribadi

Pada bulan april 2019, Saya kembali beraktifitas seperti biasanya, bekerja dari Pagi hingga Malam hari. Tentu hal ini tidak bisa saya hindari, di samping saya sebagai kepala keluarga yang memiliki tanggung jawab dalam memastikan cukupnya nafkah bagi keluarga, juga sebagai bentuk loyalitas dan kredibilitas sebagai seorang pekerja bagi perusaaan.

Sesuai anjuran dokter, selain menjaga pola makan agar tetap sehat. Saya juga dianjurkan untuk sering mengkonsumsi minuman herbal sebab saya menolak untuk meneruskan mengkonsumsi obat-obatan generik.
 

Sejak didiagnosa Radang Empedu, saya mencoba rutin meminum rebusan herbal alami, yang saya yakini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, seperti Jahe, Sereh, Kayu Secang, Kunyit, Temulawak dan lain-lain. Demi kesehatan, saya berusaha untuk menyukai apa yang tidak saya sukai sebelumnya. 

Ketika saya kembali ke rutinitas kerja yang padat, saya kesulitan harus menyiapkan minuman herbal setiap pagi di kantor dan di kampus saat sedang break mengajar di malam hari, belum lagi harus menyiapkan wadah untuk menyimpan seabrek-abrek rempah-rempah yang akan dibawa. 

Syukurnya, teman saya merekomendasikan untuk mengkonsumsi HerbaDrink. Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsinya, saya sempatkan waktu untuk mencari informasi tentang HerbaDrink melalui Internet dan Akun Social MediaNya. Sebagai referansi yang membuat saya yakin, Selain berbahan herbal alami yang dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia, yang diproses menggunakan teknologi modern dengan mempertahankan manfaat alaminya. HerbaDrink juga diproses tanpa bahan pengawet dan tanpa endapan, yang dikemas secara praktis dan higienis. HerbaDrink pun sudah mengantongi sertifikasi Halal dari MUI.

Sebagai tambahan, HerbaDrink memiliki banyak varian, seperti Sari Jahe, Sari Temulawak, Chrysanthemum, Kunyit Asam, Lidah Buaya, Beras Kencur, Wedang Uwuh dan lain-lain. Setiap varian memiliki khasiat masing-masing yang cocok bagi siapapun yang ingin memulai pola hidup sehat. 


Konsumsi Sari Jahe di Pagi Hari

Sari Jahe 1
Sumber : Dokumen Pribadi

Jahe, selain digunakan untuk menyedapkan masakan, ternyata banyak menyimpan berbagai manfaat bagi tubuh. Apa lagi jika dikonsumsi di Pagi hari saat perut kosong. Dilansir dari laman nakita.grid.id , setidaknya ada 5 (lima) manfaat mengkonsumsi Minuman Jahe di pagi hari yang sesuai dengan masalah kesehatan saya.

Pertama, melancarkan sirkulasi darah serta membantu menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Kedua, mengobati masalah pencernaan khususnya sembelit dan asam lambung. Ketiga, Mengontrol retensi cairan yang berlebih karena sifat diuretic dan anti-inflamsi yang terdapat pada Jahe, sehingga mampu menghilangkan penumpukan cairan di jaringan tubuh dan meningkatkan energi. Keempat, kandungan mineral pada jahe membantu mengatur kadar elektrolit tubuh sehingga mampu mencegah terjadinya kram otot. Kelima, jahe yang kaya akan gingerol, memiliki efek analgesik yang mampu menghilangkan nyeri sendi.


Sari Jahe 2
Sumber : Dokumen Pribadi

Mengetahui khasiat yang begitu banyak dari jahe, membuat saya yakin dan merutinkan mengkonsumsi Sari Jahe setiap Pagi, setelah selesai berolahraga atau bersepeda. Sensasi hangat dan pedas yang khas dari Sari Jahe begitu menghangatkan dan menenangkan, begitu juga ketika saya sajikan dengan es, segarnya bukan main. Sesekali, setelah selesai bersepeda, saya mengkonsumsi Sari Jahe bersama anak laki-laki saya. Selain praktis dan higienis, HerbaDrink Sari Jahe juga aman dikonsumsi oleh anak-anak, tentu saya tidak khawatir jika anak saya mengkonsumsinya. Malah itu baik, dari pada mengkonsumsi minuman ringan yang tidak jelas manfaat dan kandungannya.
Sari Jahe 5
Sumber : Dokumen Pribadi

Awalnya, saya yakin bahwa anak saya tidak akan menyukai minuman herbal. Sebab untuk mengkonsumsi madu setiap akan tidur saja,membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk membujuknya. Surprise nya, kali ini dia suka dengan minuman herbal.
Sari Jahe 4
Sumber : Dokumen Pribadi

For your information, untuk yang sedang membatasi konsumsi gula berlebih, HerbaDrink Sari Jahe juga hadir dalam varian Sugar Free, dengan pemanis buatan tanpa kalori (Sukralosa). Selain Sari Jahe, setiap pagi saya juga rutin mengkonsumi buah-buahan dan kurma. Saya sengaja tidak membebani pencernaan saya dengan makan makanan yang berat seperti Nasi Uduk, Nasi Goreng, Lontong Sayur dan lain-lain. Sebab menurut dr. Zaidul Akbar, pada pagi hari sistem pencernaan akan fokus pada proses sekresi (pembuangan), oleh karena itu sebaiknya pencernaan tidak dibebani dengan makan makanan padat.

Konsumsi Wedang Uwuh di Malam Hari


Kebiasaan pulang bekerja pada Malam hari dengan Sepeda Motor, kadang membuat badan saya sering masuk angin. Cuaca yang tidak menentu di malam hari, angin malam yang menusuk, hingga debu jalanan yang mau tak mau terhirup. Itulah mengapa penting sekali bagi saya mengkonsumsi minuman herbal. Berbagai informasi telah banyak saya kumpulkan, sampai akhirnya saya memilih untuk mengkonsumsi Sari Jahe di Pagi hari dan Wedang Uwuh di Malam hari.


Wedang Uwuh 1
Sumber : Dokumen Pribadi

Belakang ini, saya baru tahu bahwa ada ramuan rempah-rempah khas Yogyakarta yang sedang eksis di kalangan masyarakat Yogya, yaitu Wedang Uwuh. Dari yang saya baca, Wedang Uwuh ini berasal dari Bahasa Jawa. Wedang yang artinya Minuman, sedangkan Uwuh berarti ‘Sampah’, Agak gimana gitu ya jika mendengar kata ‘Sampah’. Namun, maksud dari ‘Sampah’ di sini adalah komposisi minuman yang berasal dari berbagai macam jenis rempah-rempah yang dicampurkan lalu disajikan dalam satu gelas hangat. Pasti akan sangat merepotkan, jika setiap Malam saya harus menyiapkan ke semua rempah-rempah tersebut untuk membuat Wedang Uwuh di Kampus. Syukurnya, HerbaDrink juga menyediakan varian Wedang Uwuh yang praktis untuk dibawa-bawa.

Komposisi dari Wedang Uwuh ini terdiri dari Jahe, Kayu Secang, Kulit Kayu Manis, Biji Pala, Minyak Cengkeh dan Minyak Sereh. Sudah pasti ini sangat membantu sekali dalam hal menghangatkan badan dan meredakan gejala masuk angin.

Wedang Uwuh 2
Sumber : Dokumen Pribadi

Disela-sela mengajar, saya sempatkan untuk mengkonsumsi Wedang Uwuh, Karena seharian saya terus terpapar dinginnya AC. Di samping untuk menghangatkan badan dan meredakan gejala masuk angin, Wedang Uwuh memiliki banyak manfaat. Seperti yang saya berhasil kumpulkan dari bernas.id, setidaknya ada 8  manfaat Wedang Uwuh yang cocok dengan kondisi aktivitas saya.
Wedang Uwuh 3
Sumber : Dokumen Pribadi

Manfaat merubah pola hidup yang tidak sehat, memberikan dampak positif bagi aktivitas saya, meski tubuh masih dalam tahap recovery. Setidaknya, saya sudah mampu beraktifitas seperti biasanya.

Herba Drink 4
Sumber : Dokumen Pribadi
Begitu pun saat menemani sang buah hati untuk kegiatan playdate di akhir pekan, menjadi hal yang mungkin untuk saya lakukan. Sedikit demi sedikit keluhan kesehatan mulai menghilang, tubuh terasa lebih berenergi dan Insya Allah fit selalu. Besar sekali manfaat hidup sehat dengan menjaga asupan makanan dan menghindari kebiasaan buruk yang sering saya lakukan.


Sumber : Dokumen Pribadi

The last but not least, Menjalani pola hidup sehat itu tidak mudah, harus dimantapkan dahulu dengan niat. Lalu dieksekusi dengan kesungguhan serta menjaga konsistensi adalah yang paling penting. Godaan pasti ada saja, tapi selama niat dan tujuan kita baik. Saya yakin, kita semua berhak untuk terus hidup sehat dan jauh dari berbagai penyakit.

6 komentar

Bermanfaat Sekali informasinya pak... semangat sehat buat kita.

Agak susah dicari minuman itu di daerah marelan, padahal enak di badan. :-)

Yang penting konsistensi harus dijaga..hehehhee

Di suzuya marelan ada kok, lumayan lengkap.boleh di cek..

Kadang mulut gak bisa ditahan pak, kalau udah lihat makanan mau nya dimakan aja semua. Olahraga pun awak malas. T.T

Udah gak usah dimakan lagi, buat sendiri aja suruh mamak terjamin lebih sehat dan bebas micin hehehehe


EmoticonEmoticon