SINTA : Cara Mudah Registrasi SINTA RISTEKDIKTI

" Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan"
(QS. Al Insyirah 94:6)

Sering kali saat kesulitan hadir, kita seperti diajak untuk lena dengan ketidaksyukuran, menyalahkan keadaan dan benar-benar terbebani oleh hal tersebut. padahal tuhan hanya ingin menguji keikhlasan kita dan melatih kemampuan mengontrol emosi dalam menghadapi masalah. harusnya kita yakin bahwa tiap kesulitan pasti ada kemudahan.

well,  materi yang OOT ( out of the topic ) mohon dimafkan ya. rada bingung mau buat opening seperti apa, semoga tidak membuat kamu yang lagi makan jadi gak selera makan (pengaruh baru siap training ES* hihihihihi).  back to the topic, kali ini postingan saya akan mengangkat tema tentang bagaimana cara registrasi ke SINTA, terkhusus bagi bapak/ibu Peneliti dan Dosen dimanapun bapak/ibu berada, izinkan saya yang fakir ilmu ini berbagi sedikit ilmu yang mana semoga ini membantu bapak/ibu sekalian. 
SINTA ( Science and Technology Index ) merupakan wadah yang menjadi pusat indeks sitasi dan kepakaran di Indonesia, SINTA memudahkan peneliti dan Dosen melihat Tren penelitian terkini, membantu mengidentifikasi kekuatan riset sebuah institusi dan memungkinkan peneliti dan Dosen untuk terlibat dalam kolaborasi penelitian. *keren banget kan yak. partisipasi peneliti dan dosen untuk berperan aktif dalam SINTA setidaknya sudah dijelaskan oleh KEMENRISTEKDIKTI dalam surat edaran NO.227/E/IV/2017 terkait pendaftaran peneliti dan dosen ke portal SINTA. oleh karena itu, pada postingan ini saya mencoba membantu bapak/ibu yang kesulitan dalam mendaftarkan diri ke SINTA *asalkan jangan makin pusing baca panduan saya hehehehe.

berikut tahapan yang bapak/ibu dapat lakukan untuk mendaftar ke portal SINTA: 

Akses Website SINTA
untuk mendaftar ke portal SINTA, hal pertama yang bapak/ibu perlu lakukan adalah silahkan mengakses website SINTA di sinta2.ristekdikti.go.id melalui browser bapak/ibu. sehingga nanti nya akan muncul portal SINTA seperti gambar berikut.



Pilih Menu Registrasi
selanjutnya, jika tampilan browser bapak/ibu sudah seperti pada gambar di atas, langkah berikutnya bapak/ibu bisa klik menu 'REGISTRATION'.


Isi Data yang Diperlukan 
tahap selanjutnya, bapak/ibu akan diminta untuk mengisi data diri yang dibutuhkan, meliputi NIDN bagi dosen, NIP bagi Peneliti, Nama Lengkap, Afiliasi, Nomor Induk Kependudukan (KTP), Email, Password yang akan bapak/ibu gunakan untuk Login di SINTA, URL GoogleScholar dan ID Scopus(jika ada).


bagi bapak/ibu yang kesulitan mengisi url google scholar, bapak/ibu bisa langsung akses akun google scholar bapak/ibu kemudian silahkan copy url yang berada di paling atas browser bapak ibu, lalu paste pada kolom isian Google Scholar URL di SINTA, berikut saya lampirkan cara menyalin url google scholar.

Pilih Tombol Register
jika telah selesai mengisi data dari yang diperlukan, tahap terakhir yang perlu bapak/ibu lakukan adalah silahkan klik tombol register, lalu nanti akan muncul halaman yang menyatakan bahwa registrasi bapak/ibu telah sukses dan biasanya akan ada notifikasi yang masuk ke email bapak/ibu.

sampai disini harusnya bapak/ibu sudah selasai, namun untuk memastikan agar akun SINTA bapak/ibu sepenuhnya aktif dan terverifikasi, silahkan bapak/ibu hubungi Verifikator SINTA di kampus bapak/ibu masing-masing agar akun SINTA bapak/ibu dapat diaktifkan dan diverifikasi dengan sempurna.

untuk memastikan akun SINTA bapak/ibu benar-benar sudah aktif, bapak/ibu bisa akses kembali website SINTA di sinta2.ristekdikti.go.id, lalu pilih menu 'AUTHOR LOGIN' disudut kanan atas. setelah itu, bapak/ibu akan diminta untuk memasukan email dan password yang telah bapak isi sebelumnya pada menu 'REGISTRASI' sebagai indikator pengenal untuk masuk ke akun SINTA.

pastikan bapak/ibu mencatat atau mengingat email dan password yang bapak/ibu gunakan saat mendaftar di SINTA, agar tidak kesulitan utk Login. saat bapak/ibu berhasil login maka portal SINTA akan menampilkan halaman profile bapak/ibu seperti gambar di bawah ini.

good job, selamat bapak/ibu, akun bapak/ibu sudah berhasil didaftarkan dan aktif. *lebay hehehehhe.  last but not lease, saya ucapkan terima kasih kepada bapak/ibu yang sudah menyempatkan membaca artikel saya ini, semoga membantu bapak/ibu menemukan arah yang benar dalam proses registrasi SINTA. and please, do not hesitate to ask me jika bapak/ibu mungkin punya pertanyaan seputar registrasi SINTA ini.

Post a Comment

0 Comments